Penerapan Model Joyfull Learning Berbasis Ice Breaking dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Keywords:
Hasil Belajar; Joyfull LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model joyfull learning berbasis ice breaking pada siswa kelas II di SD Negeri 2 bungi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas II dengan jumlah 21 Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan lembar observasi. Indikator keberhasilan penelitian ini 75% dan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 65. Hasil penelitian menunjukkan pada prasiklus, siswa yang tuntas mencapai 8 siswa dari 21 siswa, dengan persentase 38,09%. Setelah diberi tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 11 siswa yang tuntas dari 21 siswa dengan persentase 52,38%. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas mencapai 16 siswa dari 21 siswa, dengan persentasi 76,19%. Pada siklus II ini hasil belajar siswa telah mencapai kriteria ketuntasan 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model joyfull learning berbasis ice breaking dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II di SD Negeri 2 Bungi.