Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA Materi Gaya dan Gerak Menggunakan Model Berbasis Lingkungan
Keywords:
Berbasis Lingkungan, Hasil Belajar, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPA materi gaya dan gerak dapat meningkat menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan di SD Negeri 2 Bugi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Bugi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diberi tindakan, diperoleh nilai rata-rata 57,5 dari 26 siswa, terdapat 13 siswa (50%) yang tuntas pembelajarannya dan yang belum tuntas pembelajarannya sebanyak 13 siswa (50%). Pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata 70,96 dengan ketuntasan belajar 63,38% (17 siswa) tuntas dan 34,61% (9 siswa) belum tuntas. Sedangkan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 81,53 dengan presentase ketuntasan 88,64% (23 siswa) tuntas dan 11,53% (3 siswa) belum tuntas. Berdasarkan hasil nilai siklus II terlihat adanya peningkatan pemahaman siswa, ini terbukti meningkatnya hasil belajar siswa, dengan demikian pembelajaran IPA materi Gaya dan gerak pada lingkungan sekitar melalui model pembelajaran berbasis lingkungan terbukti mampu membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa.