Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran TGT Berbasis Media Tebak Gambar

Authors

  • Erni Safitri Universitas Muhammadiyah Buton
  • Tarno Tarno Universitas Muhammadiyah Buton
  • Suardin Suardin Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

IPA, Siswa, Tebak Gambar, TGT

Abstract

Erni Safitri, 2023.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Berbasis Media Games Tebak Gambar pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya dan Gerak di Kelas IV SD Negeri 1 Kaobula. Jenis penelitian ini adalah penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjeknya adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kaobula yang berjumlah 28 siswa. Perencanaan PTK memakai model Kemmis dan Tanggart yaitu perencanaan, tindakan, dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data memakai observasi dan tes. Analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data ini berupa lembar observasi aktivtas siswa dan lembar penilaian/tes. Hasil penelitian ini memperlihatkan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 54,6 dengan persentase 46% dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 83,9 dengan presentase 89%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) berbasis media games tebak gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles