Meningkatkan Keterampilanmembaca melalui Media Kartu Kata pada Siswa Kelas I SD Negeri 06 Buton Kecamatan Kapontori

Authors

  • Muhammad Arif Universitas muhammaddiyah buton
  • Manan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Ardy Lestary Universitas Muhammadiyah Buton

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pada pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas I SD Negeri 06 Buton Kecamatan Kapontori. Rumusan masalah penelitian ini disebabkan oleh Penggunaan metode dan media yang diterapkan hanya berputar pada metode ceramah dan media papan tulis sehingga seringkali siswa merasa jenuh dan bosan, akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam membaca. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan yang bertindak sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 06 Buton Kecamatan Kapontori yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui metode observasi, tes dan dokumentasi dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode dan media kartu kata dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek membaca dapat meningkatkan menjadi 57,14% pada siklus I atau hanya 8 orangĀ  siswa yang mencapai ketuntasan individu. Jika dilihat dari ketuntasan leksikal pada siklus I juga belum tuntas karena terdapat 6 orang atau 42,86% belum tuntas. Pada siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 13 orang atau 92,85% siswa yang tuntas dan 1 orang atau 7,14% siswa yang belum tuntas. Berdasarkan rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada setiap akhir pembelajaran dari siklus I hingga siklus II menunjukan peningkatan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles