Perkembangan Motorik Anak Sekolah Dasar melalui Edukasi dan Aktivitas Jasmani yang Terintegrasi

Authors

  • La Ode Adhi Virama IAIN Kendari
  • Karim Institut Agama Islam Negeri Kendari
  • Dalman IAIN Kendari
  • Iman Amin IAIN Kendari

Keywords:

Perkembangan Motorik Anak, Sekolah Dasar, Edukasi dan Aktivitas Jasmani

Abstract

Perkembangan motorik anak sekolah dasar merupakan tahap penting dalam tumbuh kembang yang memengaruhi kemampuan fisik, kognitif, dan sosial mereka. Program edukasi dan aktivitas jasmani yang terintegrasi dirancang untuk meningkatkan perkembangan motorik melalui kegiatan seperti berlari, bermain lompat tali, dan senam sederhana. Metode pelaksanaan program peningkatan perkembangan motorik anak sekolah dasar melalui edukasi dan aktivitas jasmani yang terintegrasi di SDN 1 Kendari melibatkan tiga tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pelaksanaan program menunjukkan bahwa aktivitas berlari mampu meningkatkan daya tahan tubuh, kekuatan otot kaki, dan koordinasi gerak. Bermain lompat tali membantu melatih koordinasi tangan dan kaki, menjaga keseimbangan tubuh, serta meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot kaki. Senam sederhana memberikan manfaat dalam meningkatkan kelenturan tubuh dan kebugaran jasmani anak. Selain manfaat fisik, kegiatan ini juga mendukung perkembangan sosial dan emosional, seperti kerjasama, kepercayaan diri, dan motivasi anak. Dengan dukungan guru, orang tua, dan komunitas sekolah, program ini menciptakan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan motorik dan kebiasaan hidup aktif anak

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-05