Pembuatan Pohon Literasi untuk Menanamkan Pemahaman Membaca pada Siswa Kelas IV di SDN Tomba
Keywords:
Pohon Literasi, Pemahaman Membaca, SDN TombaAbstract
Kemampuan literasi dasar sangat penting untuk dikuasai oleh siswa sejak dini. Kemampuan ini memungkinkan individu untuk mandiri dan beradaptasi dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah inisiatif penting yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui berbagai kegiatan dan program yang terstruktur di sekolah. Namun temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa Indonesia masih memiliki kemampuan literasi yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengimplementasikan proyek “pohon literasi” di kelas IV SD Negeri Tomba. Pohon literasi yang didekorasi dengan kata-kata dan frasa inspiratif berfungsi sebagai pendekatan kreatif untuk menanamkan pemahaman membaca di kalangan siswa. Proyek ini mengikuti metode eksperimen lapangan yang melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat baca dan pemahaman siswa setelah pemasangan pohon literasi. Inisiatif ini bukan hanya sebagai dekorasi tetapi juga sebagai alat pendidikan yang efektif memberikan dampak psikologis positif dan menciptakan lingkungan belajar yang menarik. Proyek pohon literasi ini menunjukkan solusi menjanjikan untuk meningkatkan keterampilan literasi dan dapat menjadi model untuk program serupa di sekolah lain.