Pengembangan Modul Ajar Berbasis Media Pembelajaran dalam Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) II pada Praktek Mahasiswa di SD Negeri 2 Palatiga

Authors

  • Irman Matje Universitas Muhammadiyah Buton
  • Fiky Saputra Universitas Muhammadiyah Buton
  • Fitra Alwahidah Universitas Muhammadiyah Buton
  • Febianat Universitas Muhammadiyah Buton
  • Hasnia Universitas Muhammadiyah Buton
  • Askarwati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Dela Najelika Universitas Muhammadiyah Buton
  • Fijayanti Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Modul Ajar, Praktek, Pengenalan Lingkungan Persekolahan

Abstract

Pengembangan Modul Ajar di SD Negeri 2 Palatiga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menghadirkan materi yang relevan, kontekstual, dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Modul ini dirancang secara sistematis oleh tim guru, mengacu pada Kurikulum Merdeka, dan dilengkapi dengan berbagai aktivitas pembelajaran yang interaktif serta menarik. Tahap perencanaan dan analisis kebutuhan dalam pengembangan modul ajar dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran mahasiswa yang akan mengikuti Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) II di SD Negeri 2 Palatiga. Proses ini mencakup pemahaman terhadap kurikulum, standar kompetensi, serta kebutuhan spesifik yang relevan dengan lingkungan sekolah. Selanjutnya, desain modul ajar dilakukan dengan menyusun struktur dan isi modul secara sistematis, memilih metode pengajaran yang tepat, dan merancang evaluasi yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Hasil Pengabdian ini menunjukan bahwa mahasiswa Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) II di SD Negeri 2 palatiga telah mengembangkan modul ajar di SD Negeri 2 Palatiga dengan menggunakan media pembelajaran. Pengembangan modul ajar berbasis media pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan daya tarik pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi dan media interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-14