Penerapan Desain Kelas Menggunakan Origami Hasil Karya Mahasiswa PLP II Di Sekolah Dasar Negeri 4 Wameo

Authors

  • Tarno Universitas Muhammadiyah Buton
  • Sariani Universitas Muhammadiyah Buton
  • Toni Universitas Muhammadiyah Buton
  • Syahrul Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rezki Eka Saputri Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Fany Fauziah Djarudju Universitas Muhammadiyah Buton
  • Siska Imut Universitas Muhammadiyah Buton
  • Yolan Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Penerapan, Desain Kelas, Kertas Origami, Hasil Karya Mahasiswa

Abstract

Tujuan dari PKM ini adalah untuk menjelaskan bagaimana membuat desain kelas menggunakan origami yang dibuat oleh siswa PLP II, sehingga mereka menjadi lebih kreatif dan aktif sejak usia dini. Hal ini diharapkan dapat membuat anak-anak merasa nyaman dan senang dan tidak bosan saat berada di ruang kelas di SD Negeri 4 Wameo selama proses pembelajaran. Proses pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan observasi; alat pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan dan foto. Metode kegiatan penerapan desain kelas menggunakan origami hasil karya mahasiswa PLP II di Sekolah Dasar Negeri 4 Wameo dimulai dengan tahap perencanaan dan perancangan. Mahasiswa PLP II bekerja sama dengan guru dan pihak sekolah untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tema desain yang sesuai dengan kurikulum serta karakteristik siswa. Hasil yang dikumpulkan menunjukkan bahwa penerapan desain kelas menggunakan kertas origami yang dibuat oleh siswa PLP II di SD Negeri 4 Wameo memiliki dua manfaat: (1) membuat siswa merasa nyaman saat mengikuti pelajaran, dan (2) mendorong kreativitas mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-14