Eksplorasi Proyek Berkebun dalam Pembelajaran Matematika Kelas Rendah di SD Negeri 1 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.35326/penalogik.v3i2.7641Keywords:
Proyek Berkebun, Matematika, Kelas Rendah, Sekolah DasarAbstract
Matematika di tingkat sekolah dasar sering dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan, yang dapat mengurangi motivasi siswa untuk belajar. Dalam rangka mengatasi tantangan ini, Integrasi kegiatan berkebun pada pembelajaran menjadi menarik perhatian, karena menghubungkan materi pelajaran dengan kegiatan praktis yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. integrasi kegiatan berkebun dalam pembelajaran matematika, yang tidak hanya memperkenalkan konsep-konsep matematika seperti penjumlahan, pengurangan, dan pengukuran, tetapi juga memperkuat pemahaman praktis siswa melalui pengalaman langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak proyek berkebun terhadap hasil belajar matematika siswa kelas rendah di SD Negeri 1 Baubau. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara mendalam dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kegiatan berkebun dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar matematika, serta membantu mereka lebih mudah memahami konsep-konsep matematika melalui pengalaman praktis. Namun, tantangan terkait keterbatasan waktu dan sumber daya masih menjadi hambatan dalam implementasi proyek ini. Meski demikian, dengan perencanaan yang baik dan dukungan dari pihak sekolah, proyek berkebun memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Downloads
References
Aqilah, Z., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). The Effect of Student Learning Motivation on MTS Students’ Mathematic Communication Ability. Daya Matematis Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 9(3), 190. https://doi.org/10.26858/jdm.v9i3.24632
Carmichael, T. O., Sharif, W. R., & Narain, L. (2024). Impact of School Gardens on Secondary Schools’ Agricultural Science Education in East Berbice Corentyne, Guyana. Magna Scientia Advanced Research and Reviews, 11(2), 250–260. https://doi.org/10.30574/msarr.2024.11.2.0128
Hasnawati, -. (2012). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.21831/jep.v3i1.635
Huys, N., De Cocker, K., De Craemer, M., Roesbeke, M., Cardon, G., & De Lepeleere, S. (2017). School Gardens: A Qualitative Study on Implementation Practices. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(12), 1454. https://doi.org/10.3390/ijerph14121454
Linder, S. M., Smart, J., & Cribbs, J. (2015). A Multi‐Method Investigation of Mathematics Motivation for Elementary Age Students. School Science and Mathematics, 115(8), 392–403. https://doi.org/10.1111/ssm.12146
MacLean, R., Durepos, P., Keeping-Burke, L., & McCloskey, R. (2024). Improving Data-Informed Care in New Brunswick Long-Term Care Homes: A Qualitative Study on an Educational Intervention for interRAI Coordinators. Healthcare, 12(24), 2592. https://doi.org/10.3390/healthcare12242592
Mulyani, M., Kasdianti, A., Ain, S. Q., Alim, J. A., Sari, I. K., & Alpusari, M. (2020). Correlation Between Elementary School Students’ Mathematics Self-Efficacy and Motivation. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education, 3(1). https://doi.org/10.33578/jtlee.v3i1.7831
Rijal, A. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 6(1), 81. https://doi.org/10.32884/ideas.v6i1.238
Rusmini, M. A., Ariawan, I. P. W., & Tatminingsih, S. (2024). The Effect of Parental Role, Learning Discipline, and Achievement Motivation on Learning Outcomes of Elementary Mathematics. Mathline Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 63–74. https://doi.org/10.31943/mathline.v9i1.429
Sandelowski, M. (2010). What’s in a name? Qualitative description revisited. Research in Nursing & Health, 33(1), 77–84. https://doi.org/10.1002/nur.20362
Sauri, M. S., Purnomo, Y. W., & Mustadi, A. (2022). Analysis of Student Learning Motivation Using Project-Based Learning Method. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 14(3), 3405–3412. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.665
Setiawan, A., & Soeharto, S. (2020). Kahoot-Based Learning Game to Improve Mathematics Learning Motivation of Elementary School Students. Al-Jabar Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 39–48. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i1.5833
Setiawati, D. T., Halimah, S., & Budiyanti, Y. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI. Research and Development Journal of Education, 10(1), 169. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.21144
Taharu, F. I., Samritin, S., Nurwahida, N., Kusrini, K., & Laeto, A. Bin. (2020). Analisis Penerapan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Pembelajaran Biologi di SMAN 2 Baubau. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 6(2), 48–57. https://doi.org/10.35326/pencerah.v6i2.692
Tambunan, H., & Naibaho, T. (2019). Performance of Mathematics Teachers to Build Students’ High Order Thinking Skills (HOTS). Journal of Education and Learning (Edulearn), 13(1), 111–117. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i1.11218
Turnšek, M., Gangenes Skar, S.-L., Piirman, M., Thorarinsdottir, R. I., Bavec, M., & Junge, R. (2022). Home Gardening and Food Security Concerns during the COVID-19 Pandemic. Horticulturae, 8(9), 778. https://doi.org/10.3390/horticulturae8090778
Vaismoradi, M., Turunen, H., & Bondas, T. (2013). Content analysis and thematic analysis: Implications for conducting a qualitative descriptive study. Nursing & Health Sciences, 15(3), 398–405. https://doi.org/10.1111/nhs.12048