Implementasi Nilai Kosabara dalam Desain Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35326/penalogik.v2i2.7636Keywords:
Nilai Kosabara, Pembelajaran IPAS, Sekolah DasarAbstract
Proses pembelajaran berupaya untuk memfasilitasi pengembangan kompetensi siswa baik kognitif, psikomotor termasuk kompetensi afektif. Ketika langkah-langkah pembelajaran dapat memfasilitasi ketiga kompetensi tersebut, diharapkan siswa akan menguasai kompetensi tersebut secara komprehensif. Nilai kosabara merupakan nilai-nilai berbasis kearifan lokal yang berpotensi untuk diintegrasikan ke dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain pembelajaran IPAS terintegrasi nilai kosabara yang valid melalui tahapan pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan Plom and Nieven (2013) yang terdiri atas tahapan analisis kurikulum, pengembangan prototipe dan tahapan asesmen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil analisis pendahuluan menunjukkan bahwa integrasi nilai kosabara dapat dilakukan melalui pelaksanaan pembelajaran dengan melibatkan langkah pembelajaran berupa proyek-proyek dengan tahapan-tahapan pengerjaan yang kompleks; (2) Desain pembelajaran yang dihasilkan memuat integrasi nilai kosabara pada desain proyek yang masing-masing dijabarkan pada tahapan perencanaan, pelaksanaan, penilaian hingga tindak lanjut hasil pembelajaran; dan (3) Desain pembelajaran terintegrasi nilai kosabara dinyatakan sangat valid berdasarkan validasi ahli dengan nilai validitas 90.83%. Desain pembelajaran terintegrasi nilai kosabara memiliki potensi untuk diimplementasikan pada lebih banyak materi dan mata pelajaran.
Downloads
References
Adinugraha, F., Ponto, A. I., & RM Munthe, T. (2020). Potensi Kebudayaan Betawi sebagai Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya dalam Pembelajaran Biologi. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(2), 55. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i2.1625
Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(1), 85–98. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.32
Aisara, F., Nursaptini, & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal melalui Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2).
Andiyanto, T. (2018). Konsep Pendidikan Pranatal, Posnatal, dan Pendidikan Sepanjang Hayat. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1).
Arman, A., Annisa, M., & Kartini, K. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berkarakter Berbasis Integrasi Model Pembelajaran Problem-Based Learning dan Keterampilan Proses Sains. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.90
Baharuddin, M. R., A., F., & Nasir, F. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Assesmen Kompetensi Minimum Siswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 105–111. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1093
Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150
Dimyati, F. A. (2022). Penerapan Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Afektif dan Kognitif Siswa Sekolah Dasar pada Muatan IPA. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(1), 7–15. https://doi.org/10.54065/pelita.2.1.2022.204
Fatimah, S., & Kartika, I. (2024). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i2.9019
Fithriyah, I., & Lathifah, M. (2020). Konseling Traumatik Berbasis Nilai-Nilai Religius. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.32806/jkpi.v1i2.24
Hakim, I., Akhmadi, A., & Kurnianto, R. (2019). Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Quran pada Pendidikan di Indonesia. Tarbawi Journal of Islamic Education, 3(2).
Handari, A., Sukmawati, E., & Yulhaidir, A. (2022). Implementasi Penggunaan Farming Gardening Project dalam Membangun Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 803–809.
Harahap, S. Y. (2019). Logika (Vlog Matematika): Solusi dalam Menciptakan Generasi Cerdas dan Berbudaya. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 46. https://doi.org/10.29300/equation.v2i1.2310
Herdiana, Y., Ali, M., Hasanah, A., & Syamsul Arifin, B. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Budaya. Rayah Al-Islam, 5(02), 523–541. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.483
Isbandiyah, I., & Supriyanto, S. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal Tapis Lampung Sebagai Upaya Memperkuat Identitas Bangsa. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 2(1), 29–43. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i1.673
Ismail, S., Suhana, S., & Yuliati Zakiah, Q. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2), 155–164. https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10244
Karsidi, R. (2017). Budaya Lokal dalam Liberalisasi Pendidikan. The Journal of Society & Media, 1(2), 19. https://doi.org/10.26740/jsm.v1n2.p19-34
Khusniati, M. (2012). Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).
Kurnia, T., & Prawita, Y. A. (2020). Pemenuhan Aspek Afektif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Jarak Jauh melalui Komitmen Belajar pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 40–44.
Marzuki, I., & Hakim, L. (2019). Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Rausyan Fikr Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1).
Nofiana, M., & Julianto, T. (2019). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Jurnal Tadris Biologi, 9(1).
Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(1).
Nugraha, R. S., Sumardi, S., & Hamdu, G. (2017). Desain Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning Di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 34. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7495
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).
Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research Part A: An Introduction (T. Plomp & N. Nieveen, Eds.). Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO).
Prabandari, A. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 68–71.
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140
Riyanti, A., & Novitasari, N. (2021). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 3(1), 29–35. https://doi.org/10.23887/jabi.v3i1.37780
Rohman, M. A. A. (2019). Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama (SMP): Teori, Metodologi dan Implementasi. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(2), 256–286. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3559290
Sari, N. (2020). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1).
Soraya, Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 74–81. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.10
Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran SMA. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.141
Taharu, F. I., Samritin, Nuriani, Mustaqim, F., & Birman. (2020). Integration of Koiimani-Kosabara-Kofikiri (K3) Value in Learning in the City of Baubau. Kainawa: Jurnal Pembangunan Dan Budaya, 2(1).
Wahab, J. (2022). Guru Sebagai Pilar Utama Pembentukan Karakter. Inspiratif Pendidikan, 11(2), 351–362. https://doi.org/10.24252/ip.v11i2.34745
Yahya, M. S. (2019). Integrasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dalam Kegiatan Pembelajaran di SDIT Imam Syafii Petanahan Kebumen. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 232–246. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3065