Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa melalui Penerapan Problem-based Learning pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas VIII SMP Negeri 2 Kambowa

Authors

  • Eva Sari Universitas Muhammadiyah Buton
  • Fahmil Ikhsan Taharu Universitas Muhammadiyah Buton
  • La Aba Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/penalogik.v3i1.7634

Keywords:

Problem-based Learning, Pemecahan Masalah, Sistem Ekskresi, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kambowa melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) pada materi sistem ekskresi manusia. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus, yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa yang dipilih secara purposif. Teknik pengumpulan data meliputi tes hasil belajar, observasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa dari pretest sebesar 42,75 menjadi 82,75 pada posttest siklus II. Ketuntasan belajar meningkat dari 60% menjadi 90%, dan respon siswa terhadap penerapan PBL menunjukkan sikap positif terhadap proses pembelajaran. Model PBL terbukti mampu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryulina, D., & Riyanto, R. (2016). A Problem-Based Learning Model in Biology Education Courses to Develop Inquiry Teaching Competency of Preservice Teachers. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8364

Astuti, T. A., Nurhayati, N., Ristanto, R. H., & Rusdi, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Biologi Pada Aspek Kognitif: Sebuah Meta-Analisis. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 67–74. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.473

Blanchard, M. R., Southerland, S. A., Osborne, J. W., Sampson, V. D., Annetta, L. A., & Granger, E. M. (2010). Is inquiry possible in light of accountability?: A quantitative comparison of the relative effectiveness of guided inquiry and verification laboratory instruction. Science Education, 94(4), 577–616. https://doi.org/10.1002/sce.20390

Diani Syahfitri, Hayatun Sabariah, & Muhammad Bramantio Wibowo. (2021). Pengaruh Metakognisi Siswa Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa MAN 2 Langkat. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(2), 85–98. https://doi.org/10.53625/joel.v1i2.359

Ermin, E. (2022). Hubungan keterampilan metakognisi, kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa smp di kota ternate terhadap retensi pada mata pelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 110–120. https://doi.org/10.26740/jipb.v3n2.p110-120

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3

Jones, R. W. (2006). Problem-based Learning: Description, Advantages, Disadvantages, Scenarios and Facilitation. Anaesthesia and Intensive Care, 34(4), 485–488. https://doi.org/10.1177/0310057X0603400417

Lestari, H. N., Suganda, O., & Widiantie, R. (2017). Hubungan antara Pengetahuan Metakognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Model Problem-based Learning (PBL) pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 9(02), 27. https://doi.org/10.25134/quagga.v9i02.745

Morton, D. A., & Colbert‐Getz, J. M. (2017). Measuring the impact of the flipped anatomy classroom: The importance of categorizing an assessment by Bloom’s taxonomy. Anatomical Sciences Education, 10(2), 170–175. https://doi.org/10.1002/ase.1635

Sari, Y. E., Permatasari, R., & Saputro, E. F. H. (2022). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) pada Keterampilan Metakognisi Siswa. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA Dan Aplikasinya, 2(1), 12–22. https://doi.org/10.46368/qjpia.v2i1.730

Saroinsong, D. M., & Takaendengan, W. (2022). Implementation of Blended Learning to Increase The Competence of Non-Formal Education Undergraduate Students in The Sociology Anthropology Course. Empowerment, 11(1), 18. https://doi.org/10.22460/empowerment.v11i1p18-27.2868

Stone, E. M. (2014). Guiding Students to Develop an Understanding of Scientific Inquiry: A Science Skills Approach to Instruction and Assessment. CBE—Life Sciences Education, 13(1), 90–101. https://doi.org/10.1187/cbe-12-11-0198

Taharu, F. I., Safilu, & Aba, L. (2020). The effect of problem-based learning on high school students’ problem-solving skill and comprehension of biological concept based on their academic performance. Journal of Physics: Conference Series, 1517(1), 012057. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1517/1/012057

Wijaya, H., Darmawan, I. P. A., Setiana, S. C., Helaluddin, H., & Weismann, I. Th. J. (2021). Active Reconnecting Learning Strategies to Increase Student Interest and Active Learning. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 3(1), 26. https://doi.org/10.32585/ijimm.v3i1.1290

Downloads

Published

2025-07-29