Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 7 Buton Tengah
DOI:
https://doi.org/10.35326/penalogik.v3i1.7538Keywords:
Pembelajaran Berbasis Proyek, PjBL, Hasil Belajar IPA, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII A di SMP Negeri 7 Buton Tengah. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sebesar 70 dijadikan tolok ukur dalam penelitian ini. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus, masing-masing dengan empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan meliputi nilai pretest dan posttest serta angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa adalah 51.66, yang berada di bawah KKM. Setelah siklus pertama penerapan PjBL, rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 70.69, dan pada siklus kedua, rata-rata nilai posttest mencapai 81.21. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan PjBL berhasil meningkatkan hasil belajar siswa, dengan lebih banyak siswa yang mencapai KKM pada siklus kedua. Selain itu, model PjBL juga berkontribusi pada peningkatan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan pengembangan keterampilan berpikir kritis serta kolaborasi. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA dan dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan di tingkat SMP.
Downloads
References
Anazifa, R. D., & Djukri, D. (2017). Project- Based Learning and Problem-Based Learning: Are They Effective to Improve Student’s Thinking Skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 346. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di tengahPandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
Baharuddin, M. R., A., F., & Nasir, F. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Assesmen Kompetensi Minimum Siswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 105–111. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1093
Chen, S.-Y., Lai, C.-F., Lai, Y.-H., & Su, Y.-S. (2022). Effect of project-based learning on development of students’ creative thinking. International Journal of Electrical Engineering & Education, 59(3), 232–250. https://doi.org/10.1177/0020720919846808
Dewi, B. M. M., Khoiri, N., & Kaltsum, U. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1).
Fadillah, R., Ambiyar, A., Giatman, M., Fadhilah, F., Muskhir, M., & Effendi, H. (2021). Meta Analysis: Efektivitas Penggunaan Metode Proyect Based Learning Dalam Pendidikan Vokasi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 138. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32408
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102, 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Hardianti, D., Ali, M., & Syamsu, S. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Siswa untuk Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Model Pembelajaran Langsung pada Kelas X SMA Negeri 7 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(2), 6. https://doi.org/10.22487/j25805924.2016.v4.i2.6051
Hasnawati, -. (2012). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.21831/jep.v3i1.635
Hussein, B. (2021). Addressing Collaboration Challenges in Project-Based Learning: The Student’s Perspective. Education Sciences, 11(8), 434. https://doi.org/10.3390/educsci11080434
Iswantari, I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Paedagogi: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(4).
Artini, N. P. J., & Wijaya, I. K. W. B. (2023). Identifikasi Keterampilan Generik Sains dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 186–193. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.951
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277. https://doi.org/10.1177/1365480216659733
Mujiburrahman, Suhardi, M., & Hadijah, S. N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project-Based Learning di Era Kurikulum Merdeka. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91–99. https://doi.org/10.51878/community.v2i2.1900
Mulyadi, E. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836
Nugraheni, D. (2018). Project Based Learning in Heat and Transfer Material to Increase Student’s Creativity. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2). https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.2798
Nurullah, M. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Model Pembelajaran Project-Based Learning di SMAN 10 Banjarmasin. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 8(1). https://doi.org/10.20527/jpg.v8i1.11599
Rianto, P. A. M., Putra, P. D. A., & Ridlo, Z. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL dengan Pendekatan Engineering Design Process pada Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1087–1094. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1272
Riskayanti, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Komunikasi, Kolaborasi dan Kreativitas melalui Model Pembelajaran Project-Based Learning di SMA Negeri 1 Seteluk. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 19–26. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i2.117
Sasson, I., Yehuda, I., & Malkinson, N. (2018). Fostering the skills of critical thinking and question-posing in a project-based learning environment. Thinking Skills and Creativity, 29, 203–212. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.08.001
Taharu, F. I., Aba, L., Iksan, M., Kusrini, Nurwahida, Gazalin, J., Duriani, & Ibrahim, T. (2019). Project-based learning to improve the conceptual knowledge of students in environmental microbiology topics. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 343(1), 012120. https://doi.org/10.1088/1755-1315/343/1/012120
Wang, C.-Y., Gao, B.-L., & Chen, S.-J. (2024). The effects of metacognitive scaffolding of project-based learning environments on students’ metacognitive ability and computational thinking. Education and Information Technologies, 29(5), 5485–5508. https://doi.org/10.1007/s10639-023-12022-x