Pendekatan Saintifik Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 3 Lasalimu

Authors

  • Jamaludin Jamaludin SMPN 51 Satap Buton
  • Octavia Dwiyanti SMA Negeri 3 Lasalimu

DOI:

https://doi.org/10.35326/penalogik.v3i1.7510

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Biologi, Sistem Ekskresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 3 Lasalimu. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan campuran (mixed methods), yang melibatkan dua siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai yang meningkat dari 58,75 pada nilai awal menjadi 65,43 pada siklus pertama dan 77,86 pada siklus kedua. Penerapan pendekatan saintifik, yang melibatkan pengamatan, eksperimen, dan diskusi, memungkinkan siswa untuk mengaitkan teori dengan pengalaman nyata, sehingga meningkatkan pemahaman konsep mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan saintifik tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga memperkuat keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan metakognitif. Berdasarkan hasil tersebut, pendekatan saintifik direkomendasikan untuk diterapkan lebih luas dalam pembelajaran IPA dan materi pembelajaran lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggun, D. P. (2019). Pengembangan Penuntun Praktikum Perkembangan Hewan Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Mahasiswa Jurusan Biologi. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(2), 133–146. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v5i2.4359

Arumisore, N. M., Indana, S., & Soetjipto, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Sistem Gerak Manusia di SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(1), 1386. https://doi.org/10.26740/jpps.v7n1.p1386-1396

Askar, I. S. (2016). Penerapan Pendekatan Scientific dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Konsep Sistem Ekskresi Manusia Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Sibulue Kabupaten Bone. Perspektif: Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani, 1(2).

Derek, V., Regina, R., & Ikhsanudin, I. (2024). The Use of Digital Story Telling to Teach Listening: A Classroom Action Research to XA Grade Students of SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 978–993. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1847

Fauzi, A., Zahroh, S. H., & Ekawati, E. Y. (2022). The Influence of Using Module with Computational Thinking Unplugged Approaches and Module with Scientific Approaches Based on Student’s Critical Thinking Ability Towards Cognitive Ability the Subject of Temperature and Heat Transfer. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 234–248. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v10i1.17587

Fitaloka, R. D., Netriwati, & Fadila, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognitif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Matematis. Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education, 5(2).

Marjan, J., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, G. A. N. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA. Mu allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Marzuki, S., & Sabillah, B. M. (2020). The Implementation of POE (Predict, Observe, Explain) Learning Model to Improve Students’ Achievement at Class XI Students of SMA Negeri 10 Makassar. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 3(4), 552–559. https://doi.org/10.34050/elsjish.v3i4.11891

Meesuk, P., Sramoon, B., & Wongrugsa, A. (2020). Classroom Action Research-based Instruction: The Sustainable Teacher Professional Development Strategy. Journal of Teacher Education for Sustainability, 22(1), 98–110. https://doi.org/10.2478/jtes-2020-0008

Moreira, H., & Lara Freire, M. L. (2024). Promoting Formative Assessment with Quizizz: A Classroom Action Research Study. Ciencia Latina Revista Científica Multidisciplinar, 8(2), 590–604. https://doi.org/10.37811/cl_rcm.v8i2.10511

Mubarok, H., Sofiana, N., Kristina, D., & Rochsantiningsih, D. (2022). Meaningful Learning Model Through Contextual Teaching and Learning; The Implementation in English Subject. Edulingua: Jurnal Linguistiks Terapan Dan Pendidikan Bahasa Inggris, 9(1), 23–34. https://doi.org/10.34001/edulingua.v9i1.3159

Noviar, D., & Hastuti, D. R. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMA N 2 Banguntapan T.A. 2014 / 2015. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2).

Oktafiani, R. O., Retnoningsih, A., & Widiatiningrum, T. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Tumbuhan Berbiji dengan Pendekatan Saintifik dan Kontekstual. Bioeduca : Journal of Biology Education, 4(1), 67–83. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v4i1.10858

Pada, K., Bare, Y., & Putra, S. H. J. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Pendekatan Scientific Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Kelas VIII SMP Negeri 2 Maumere. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8).

Purba, H. R. P., & Darsono, E. R. F. (2023). Cooperative Learning for Improving Students’ L2 Willingness to Write in Creative Writing. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 7(1), 88–103. https://doi.org/10.31539/leea.v7i1.6603

Purnamawati, Y. I., & Ducha, N. (2018). Perbandingan Hasil Belajar SIswa Materi Sistem Ekskresi Menggunakan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik dan LKS Konvensional. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 7(1).

Ramziah, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X2 SMAN 1 Gedung Meneng Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik. Mosharafa, 5(2).

Saragih, A. Y., Tamara, H., Tanjung, N. K., Lubis, P. A., & Aufa, A. (2023). Analisis Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIS Al-Ikhlasiah Medan Sunggal. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 641–647. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i3.2867

Sari, I. P., Mustikasari, V. R., & Pratiwi, N. (2019). Pengintegrasian penilaian formatif dalam pembelajaran IPA berbasis saintifik terhadap pemahaman konsep peserta didik. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 52. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.778

Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468

Shavina, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbasis Pendekatan Saintifik (CIRSA) terhadap Keterampilan Metakognitif Peserta Didik Materi Sistem Reproduksi [Skripsi]. Universitas Negeri Jakarta.

Vogelzang, J., & Admiraal, W. F. (2017). Classroom action research on formative assessment in a context-based chemistry course. Educational Action Research, 25(1), 155–166. https://doi.org/10.1080/09650792.2016.1177564

Wicaksono, A. G. (2020). Systematic review pengaruh pendekatan saintifik Terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1).

Yani, A., Sahriah, S., & Haerunnisa, H. (2018). Efektivitas Pendekatan Saintifik dengan Media Booklet Higher Order Thinking terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA di Kabupaten Wajo. Biosel: Biology Science and Education, 7(1), 1. https://doi.org/10.33477/bs.v7i1.387

Downloads

Published

2025-07-23