Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Era New Normal Melalui Layanan Informasi Dengan Memanfaatkan Video Animasi

Authors

  • Wa Ode Humairah Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Husniah Universitas Muhammaiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/frame.v3i2.7656

Keywords:

Layanan informasi, Minat belajar, Video animasi, Bimbingan Kelompok

Abstract

  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa Sekolah Dasar di era new normal melalui layanan informasi menggunakan media video animasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II di SD Negeri 1 Nganganaumala yang mengalami penurunan minat belajar akibat pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Intervensi dilakukan dalam bentuk layanan informasi sebanyak tiga kali pertemuan dengan menayangkan video animasi edukatif. Hasil menunjukkan adanya peningkatan minat belajar subjek, yang ditandai dengan meningkatnya keterlibatan, perhatian, dan inisiatif dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran guru BK dalam memberikan layanan yang adaptif, menyenangkan, dan relevan dengan kondisi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achru Andi P. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah. Vol 3. No. 2.

Ayu dan Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 5. No 4.

Casmini, “Bimbingan Pribadi-sosial untuk Self-Efficacy dan Implikasi Pada Bimbingan dan konseling SMK Diponegoro Depok Sleman, Yogyakarta” dalam Jurnal Hisbah, Vol. XII, No. 2. (Yogyakarta: SMK Diponegoro Depok Sleman 2015), h.4

Dasopeng Muhammad Darwis. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. Vol. 3 No. 2.

Dewi Noviani Kartika , Triningtyas Diana Ariswati. (2019). Pedoman Pratikum Praktik Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial. Magetan : AE Media Grafika.

Fatmawati Surya Dewi. (2020). Pembuatan Brosur Berbahasa Inggris Menggunakan Media Video Animasi. Malang : Ahli Media.

Fitri Emria, Nerviani, Ifdil. (2016). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling. Vol. 2 No. 2.

Hardi dkk, (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarno, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama

Khomariah Siti. (2018). Analisis Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Efektivitas Pembelajaran Materi Product Life Cycle. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol. 6 No. 3.

Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2016). Characteristics of Qualitative Descriptive Studies: A Systematic Review. Research in Nursing & Health. 40(1), 23–42. doi:10.1002/nur.21768

Kursri A. M. (2016). Pengaruh Layanan Informasi Peminatan Terhadap Kemantapan Sekolah Lanjutan. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling. Vol. 2 No. 1.

Lestari, Apriany. (2020). Bimbingan Konseling di SD (Mendampingi Siswa Meraih Mimpi). CV Budi Utama : Yogyakarta.

Meki Srya Wati Tamsir, & Samsaifil. (2023). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KAMBOWA. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 2(02), 152–157. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/4990

Muyana Siti. (2017). Context Input Process Product (CIPP) Model Evaluasi Layanan Informasi. Jurnal Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling. Vol. 1 No. 1.

Nisa Afianti, Renata Dian, (2018). Analisis Minat Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 5 No. 2.

Putra Andika Candra & Fitri Sarah. (2020). Seri 3 Covid-19 & New Normal Informasi yang Perlu Diketahui Seputar Coronavirus. Jakarta : Geupedia.

Rina Astiana. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Melalui Layanan Informasi. Jurnal Konseling Gusjigang. Vol. 2. No. 2.

Septiaputri Nora Yunia. (2021). Bimbingan dan Konseling Belajar (Teori dan Aplikasinya). Bandung : Media Sains Indonesia.

Sulvemi. Mayasari Nova. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Audio Visual. Jurnal Pendidikan Vol. 20. No. 1.

Sumardi. (2020). Teknik Pengukuran Hasil Belajar. Yogyakarta : Deepublish

Syahputra Edy, (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi : Haura Publishing.

Syarqawi Ahmad. (2019). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Medan : Perdana Publishing.

Ulfa, M., Sadif, R. S., & Hanu, L. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Token Economy. Psikologi Konseling, 15(2), 504-517.

Ulfa, M. (2023). Increasing Student Learning Interest with Multiple Modeling Techniques. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 7(2), 132-142.

Uno Winda Anggriyani. (2021). Pengembangan Teknologi Pendidikan IPA Berbasis Multimedia Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Gorontalo : Cahaya Ashr Publisher & Printing.

Widodo Slameto dkk. (2021). New Normal Era. Pasuruan : Penerbit Qiana Media.

Yuliandha, S., & Kurniawan, U. T. (2024). Pengembangan Media Animasi Dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Baubau. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 3(01), 191-199.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Wa Ode Humairah, & Wa Ode Husniah. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Era New Normal Melalui Layanan Informasi Dengan Memanfaatkan Video Animasi. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 3(2), 264–267. https://doi.org/10.35326/frame.v3i2.7656