EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KAMBOWA
Keywords:
Modeling, Bimbingan Kelompok, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan minat belajar siswa. Rendahnya minat belajar siswa menjadi dasar dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif demgan desain pre experimental: one grup pretest-posttest design dan. Populasi dalam penelitian ini 29 siswa yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas VII A VII C 29 siswa. Teknik sampling menggunkan sampling purpove dengan sampel 12 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji wilcoxon. Penelitian ini menunjukkan: 1) gambaran umum minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kambowa; 2) adanya peningkatan minat belajar siswa berdasarkan uji Wilcoxon sebesar 0,002 pada taraf signifikan nilai 0,05 (p<0,05); 3) bimbingan kelompok teknik Modeling simbolik terbukti efektif untuk meninggkatkan minat belajar siswa
Downloads
References
Adiputra, S. (2015). Penggunaan teknik modeling terhadap perencanaan karir siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(1).
Akrim, A. (2022). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa (Belajar Pai Mencetak Karakter Siswa). Aksaqila Jabfung.
Cholidah, N., Maryam, R., & Habsy, B. A. (2018). Efektivitas Konseling Behavioral Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 1(1), 68-77.
Corey, G. (2013). Teori & Praktek Konseling dan Psikoterapi. In Refika Aditama. Refika Aditama.
Prayitno dan Emran Anti. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.
Rahmawati, E., & Sadif, R. S. (2022). Efektivitas Bimbingan Klasikal Teknik Modelling Simbolic Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 1(02), 65–70.
Tohirin. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Rajagrafindo Persada.
Ulfa, M. (2018). Meningkatkan Perilaku Prososial Melalui Layanan Bimbingan Konseling Teknik Modeling Di SMPN 2 Kulisusu. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 2(2), 35-41.
Ulfa, M., Huniah, W. O., & Sofyan, S. (2022). Modelling Simbolik Untuk Meningkatkan Sikap Empati Siswa. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(4), 902–912.
Ulfa, M., & Nurdendis, L. O. (2023). Increasing Student Learning Interest with Multiple Modeling Techniques. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 7(2), 132–142.
Ulfa, M., & Sadif, R. S. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Token Economy. Psikologi Konseling, 15(2), 504–517.
Wijaya, R. S., Kurniawan, U. T., & Irmayana, R. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Modelling Simbolis untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa IX SMP Negeri 3 Baubau.
Yanti, I., Trisoni, R., & Fajar, N. (2018). Hubungan Minat Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Pada Kelas Viii Di Smp N 1 Pariangan. Proceeding IAIN Batusangkar, 3(2), 1–11.