Main Article Content

Abstract

Komunikasi Interpersonal merupakan komunikasi yang di dalamnya ada unsur keakraban dan saling mempengaruhi diantara pihak-pihak yang berkomunikasi. Komunikasi Interpersonal sangat erat kaitannya dengan kepercayaan diri peserta didik sehingga guru berperan penting dalam membangun hubungan yang baik dengan peserta didik. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal guru dalam pelaksanaan muhadharah untuk meningkatkan percaya diri peserta didik di SMP Negeri 2 Panyabungan. Adapun jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kepercayaan diri peserta didik di SMP Negeri 2 Panyabungan lebih dominan negatif. Minimnya kepercayaan diri ditandai karena kurangnya kosa kata dalam berkomunikasi dan malu yang tinggi terhadap teman-temannya sehingga mengakibat anak-anak malas menghafal teks ceramah dan banyak memberikan alasan untuk tidak bisa berhadir, namun dengan komunikasi interpersonal yang efektif dilakukan oleh guru pembina dalam kegiatan Muhadharah yang dilakukan setiap sekali seminggu pada hari Jumat Pagi mampu memberikan perubahan serta peningkatan terhadap rasa percaya diri peserta didik.

Keywords

Komunikasi Interpersonal Kepercayaan Diri Muhadharah

Article Details

How to Cite
Amelia, R. N., & Nurhanifah. (2024). Komunikasi Interpersonal Guru Bahasa Indonesia dalam Pelaksanaan Muhadharah terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Peserta Didik di SMP Negeri 2 Panyabungan. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 10(3), 715–726. https://doi.org/10.35326/pencerah.v10i3.6026