Main Article Content

Abstract

Menanamkan prinsip-prinsip etika pada anak adalah hal yang sangat penting, termasuk nilai kejujuran. Komunikasi persuasif terkait erat dengan perubahan sikap, tujuan utamanya adalah untuk memberikan pengaruh dan mengubah sikap seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak komunikasi persuasif yang dilakukan orang tua dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak laki-laki di Desa Sei Apung Jaya, Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Asahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu studi lapangan yang bersifat deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang umum dilakukan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian lapangan yang dilakukan di Desa Sei Apung Jaya menunjukkan bahwa Ibu Aisyah Rambe menggunakan strategi komunikasi persuasif untuk menanamkan nilai kejujuran pada remaja laki-laki. Hasil penelitian menunjukan: 1) mencontohkan perilaku positif, khususnya dengan memberikan contoh integritas dalam interaksi sehari-hari; 2) membuat permintaan kecil yang berkaitan dengan kejujuran; 3) terlibat dalam percakapan individu ketika putranya ditemukan berbohong atau menyembunyikan informasi; 4) menyelaraskan diri dengan prinsip-prinsip agama; 5) menggunakan bahasa yang sopan dan tidak menuduh atau menghakimi; dan 6) membimbing putranya untuk berpartisipasi dalam pengajian dan menerima pendidikan di lembaga-lembaga keagamaan. Aspek yang mendukung terdiri dari motivasi orang tua dan keterlibatan dengan remaja masjid, sedangkan faktor yang menghambat adalah pergaulan dengan teman sebaya yang memberikan dampak negatif.

Keywords

Komunikasi Persuasif Orang Tua Anak Kejujuran

Article Details

How to Cite
Salsabila, T., & Nurhanifah. (2024). Komunikasi Persuasif Orangtua dalam Menanamkan Nilai Kejujuran pada Anak Laki-laki di Desa Sei Apung Jaya Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan (Studi Kasus Keluarga Aisyah Rambe). Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 10(3), 682–693. https://doi.org/10.35326/pencerah.v10i3.6013

References

  1. Arisetiana, E., T Simamora, P. R., & Perwirawati, E. (2023). The Role of Persuasive Communication in the Marketing Strategy of Harmoni Asri Housing. Social Opinion Journal: Scientific Journal of Communication Sciences, 8(1), 1. https://doi.org/10.46930/socialopinion.v8i1.3136
  2. Arsini, Y., Zahra, M., & Rambe, R. (2023). The Importance of Parents' Role on Children's Psychological Development. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 3(2), 36-49. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v3i2.369
  3. Awi, M. V., Mewengkang, N., & Golung, A. (2016). The Role of Interpersonal Communication in Creating Family Harmony in Kimaam Village, Merauke Regency. Acta Diurna Komunikasi, 5(2).
  4. Devito, J. A. (2007). Interpersonal Communication Book (11th ed.). Pearson Education.
  5. Dita, A. M. G. V. (2022). The Role of Persuasive Communication of Parents in the Formation of Adolescent Identity. Bina Gogik: Scientific Journal of Elementary School Teacher Education, 9(1).
  6. Habibah, S. (2015). Morals and Ethics in Islam. Journal of PGSD FKIP Syiah Kuala University, 1(2).
  7. Hajar, S. A., & Anshori, M. S. (2021). Farah Qoonita's Persuasive Communication Strategy in Delivering Da'wah through New Media. Axiology: Journal of Education and Social Sciences, 1(2), 62-66. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i2.12
  8. Haruna, R., & Purnama, H. (2020). Development of Children's Politeness Through Persuasive Communication of Parents in Pampang Village Makassar. AL IRSYAD AL-NAFS, 7(1).
  9. Cashmere. (2006). Entrepreneurship. PT RajaGrafindo Persada.
  10. Komara, E. (2021). Persuasive Communication of Dr. Zakir Naik's Da'wah. Buana Komunikasi (Journal of Research and Studies in Communication Sciences), 2(1), 27. https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2021.2.1.713
  11. Moleong, L. J. (2021). Qualitative Research Methodology (40th ed., Vol. 14). Teenage Workshop.
  12. Mulyana, R. (2004). Articulating Value Education. Alfabeta.
  13. Nasor, M., Lutpiah, Rifa'i, R. N., Utama, E. P., Sari, N. A. P., & Asriyandi. (2023). Application of Persuasive Communication of Parents to Teenage Children in Religious Development in the Real Estate Area of Cicalengka Village, Pangedangan District, Tanggerang Banten. Nizham: Journal of Islamic Studies, 11(1), 28-39.
  14. Nida, F. L. K. (2015). Persuasion in Mass Communication Media. AT-TABSYIR: Journal of Islamic Broadcasting Communication, 2(2).
  15. Parke, R. D., & Buriel, R. (2007). Socialization in the Family: Ethnic and Ecological Perspectives. In Handbook of Child Psychology. Wiley. https://doi.org/10.1002/9780470147658.chpsy0308
  16. Pratiwi, N. D. (2021). The Role of Teachers and Parents in Shaping Honest Character in Children. Tunas Nusantara Journal, 3(1).
  17. Schwartz, S. H. (1994). Are There Universal Aspects in the Structure and Contents of Human Values? Journal of Social Issues, 50(4), 19-45. https://doi.org/10.1111/j.1540-4560.1994.tb01196.x
  18. Sumadi, S. (1993). Educational Psychology (6th ed.). PT Raja Grafindo Persada.
  19. Widjaja, H. A. W. (2008). Communication: Communication and Public Relations. Kompas.
  20. Yunus, Muh. R., & Sumirii, E. (2019). Persuasive Communication of Parents in Moral Formation of Children in Yafdas Village. COPI SUSU: Journal of Communication, Politics & Sociology, 1(1).
  21. Zain, F. B. (2022). Persuasion Communication between Parents and Children in Shaping Obedient Worship Behavior in Bandar Klippa Village, Percut Seituan District. Attaqwa: Journal of Islamic Education Science, 18(1), 151-162.
  22. Zanah, E. M., & Khotimah, K. (2022). The Role of Parents in Honesty Character Education for Children in Babakan Village. Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(2).