Main Article Content

Abstract

Efektivitas komunikasi interpersonal yang baik antara penyuluh pajak dan wajib pajak menjadi kunci dalam memastikan kesadaran dan kepatuhan pajak di masyarakat. Lima 5 indikator efektivitas komunikasi interpersonal menurut Joseph de vito yaitu openness, emphaty, possitiveness, supportiveness and equaity menjadi dasar dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana efektivitas komunikasi interpersonal berkontribusi pada keberhasilan upaya penyuluhan pajak pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Makassar Utara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah wajib pajak yang berkonsultasi di helpdesk KPP Pratama Makassar Utara dengan jumlah sampel 100 wajib pajak.Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan data primer berupa kuesioner dengan skala likert dan data sekunder berdasarkan literature review. Data kuesioer yang telah kita kumpulkan nilainya valid dan reliabel untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Semua pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang baik dari penyuluh pajak dapat meningkatkan kepuasan dan pemahaman wajib pajak mengenai kewajiban perpajakannya. Hal ini dapat dilihat dari rekapitulasi jawaban responden atas pertanyaan di mana sebagian besar responden (78%) dalam hal ini wajib pajak menyatakan bahwa komunikasi interpersonal penyuluh pajak sangat efektif.

Keywords

Efektivitas Komunikasi Komunikasi Interpersonal Penyuluh Pajak

Article Details

How to Cite
Membele, T. S., Bahfiarti, T., & Farid, M. (2024). Analisis Efektivitas Komunikasi Interpersonal Penyuluh Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 10(3), 630–639. https://doi.org/10.35326/pencerah.v10i3.5526

References

  1. Aisah, L., & Sari, A. K. (2022). Komunikasi Interpersonal Relawan Pajak Dan Wajib Pajak Orang Pribadi Melayani Pelaporan SPT Via E-Filing. Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD), 4(1), 15-22.
  2. Darmawan, D., & Mardikaningsih, R. (2021). Pengaruh Keterampilan Interpersonal, Pengalaman Kerja, Integritas dan Keterikatan Kerja terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (Ekuitas), 3(2), 290-296.
  3. DeVito, Joseph A. (2016). The Interpersonal Communication Book 14th Edition. Pearson Education Limited: England
  4. Djaali. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara: Jakarta Timur
  5. Faedlulloh, D., Maarif, S., Meutia, I. F., & Yulianti, D. (2020). Birokrasi dan revolusi industri 4.0: Mencegah Smart ASN menjadi mitos dalam agenda reformasi birokrasi Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(3), 313-336.
  6. Heriyanto,A. Y. B., Ranti, M., Rojikun,A., Hernaningsih, F. Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan Customer Service Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pengguna Aplikasi BRImo (Studi kasus pada nasabah umum Bank BRI Kantor Cabang Jakarta Gatot Subroto). Jurnal Ekonomika Vol. 14 No. 2. 258-277
  7. Irfal, I. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Resepsionis di Qunci Villas Hotel, Lombok-NTB. Value: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), 76–84. https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1668
  8. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2020 tentang Jabatan Fungsional Penyuluh Pajak. Jakarta. Retrieved on https://jdihn.go.id/files/519/Peraturan%20Menteri%20PANRB%20No.%2049%20Tahun%202020.pdf
  9. Khariri, L., & Suryani, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Disiplin Kerja, Komunikasi Interpersonal dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 258-264. https://doi.org/10.15294/baej.v1i3.46434
  10. Kusuma, I.G.N.A.G.E.T. (2023). Konstruksi Kepuasan Untuk Loyalitas Pelanggan: Konsep, Skala, dan Aplikasi. CV. Intelektual Manifes Media: Kabupaten Badung, Bali.
  11. Kusumawati, M. P., Hamrany, A. K., & Rahman, A. N. (2023). Kedudukan Harta Waris dalam Kaitannya dengan Program Pengungkapan Sukarela dalam Perpajakan. Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM, 30(3), 650-672.
  12. Laia, F. (2018). Inovasi Pembelajaran Pkn Berbasis Konstruktivisme dalam Meningkatkan Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Mazino, Kecamatan Mazino Kabupaten Nias Selatan. Warta Dharmawangsa, (55).
  13. Nisfiannoor, Muhammad. (2009). Pendekatan statististika Modern untuk Ilmu Sosial. Penerbit Salemba: Jakarta.
  14. Saputra, D. J. (2022). Eksistensi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Ditinjau dari Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 1(2), 122-129.
  15. Silaban, D. F. Efektivitas Pelaksanaan Jabatan Fungsional Penyuluh Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi di Lingkungan Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan II. Skripsi. Tangerang Selatan: Program Studi Akuntansi - Politeknik Keuagan Negara STAN
  16. Sunardiyah, F., Pawito, dan Naini, A. M. I., 2022. Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Kampanye Sosial Media, dan Citra Organisasi terhadap Kepuasan Konsumen di Bea Cukai Surakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 20. 237-254
  17. Suzanna, E., Anastasya, Y. A., & Amalia, I. (2022). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMKN 5 Lhokseumawe. Gotong Royong: Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 1(2), 43-49.
  18. Triningtyas, D. A. (2016). Komunikasi Antar Pribadi. CV AE Media Grafika: Magetan, Jawa Timur
  19. Vandela, F., & Sugiarto, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Kemampuan Berkomunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 12(3), 429-445.
  20. Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168-2175.
  21. Yusuf, I., Purwana, D., & Buchdadi, A. D. 2021. The Influence of Interpersonal Communication, Universal-Diverse Orientation (UDO), and Self-Efficacy on the Quality of Administrative Services at State University of Jakarta. International Journal for Applied Information Management, 2(2), 97–105. https://doi.org/10.47738/ijaim.v2i2.32
  22. Zakiyah, N., Wahyono. 2020. Peran Kualitas Pelayanan dalam Memediasi Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Disiplin Kerja, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Masyarakat. Economic Education Analysis Journal. 690-703