Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan Tekhnik Pengamatan Objek Secara Langsung pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 GU Kabupaten Buton Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 GU Kabupaten Buton Tengah yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah tekhnik analisis hasil tes. Dari hasil penelitian ini, didapat berbagai peningkatan pada nilai siswa yang terlihat pada prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada prasiklus perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 53,2. pada siklus I mencapai nilai rata-rata 65,7 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 79,9. Nilai rata-rata sebesar 79,9 sudah melebihi nilai KKM sebesar 75 sehingga secara umum sudah mencapai KKM. Hasil tes setelah siklus II sebesar 79,9 melebihi nilai KKM (75), sehingga pemahaman siswa sudah lebih baik. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi dengan Tekhnik Pengamatan Objek secara Langsung pada Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 1 GU Kabupaten Buton Tengah.

Keywords

Menulis Puisi Tekhnik Pengamatan Objek Secara Langsung

Article Details

How to Cite
Masri, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Tekhnik Pengamatan Objek Secara Langsung Pada Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 1 Gu Kabupaten Buton Tengah. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(4), 724–738. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i4.3276