Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode diskusi kelompok untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 2 Katobengeke. Subjek penelitian ditetapkan dikelas V SD Negeri 2 Katobengke dengan jumlah peserta didik sebesar 20 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil Belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Katobengke dalam proses belajar mengajar Bahasa Indonesia melalui pembelajaran metode diskusi kelompok secara efektif mengalami peningkatan pada, aktifitas siswa, guru dan hasil belajar yaitu, tuntas secara klasikal dan secara individu.

Keywords

berbicara, diskusi, keterampilan

Article Details

How to Cite
karim, K. (2019). MENINGKATAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK DI KELAS V SD NEGERI 2 KATOBENGKE. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 4(1), 5–11. https://doi.org/10.35326/pencerah.v4i1.285