Main Article Content

Abstract

Efektifitas menunjukkan tercapainya tujuan yang diinginkan melalui serangkaian tindakan yang dilakukan oleh perusahaan. Konsekuensinya adalah inovasi dan kreativitas, tujuannya adalah menyempurnakan dan mengembangkan produk baru dalam rangka bersaing, kelangsungan hidup dan profitabilitas perusahaan. Usaha Industry Rumah Tangga Kue Kacang Ijo KN Lumpia Sabang di Aceh Besar merupakan industry rumah tangga yang berdiri sejak tahun 2009 dan menjadi subjek penelitian ini. Masalah dari penelitian ini adalah bagaimana efektifitas manajemen produksi dalam pengembangan produk yang dihasilkan pada Usaha Indutri Rumah Tangga Kue Kacang Ijo KN Lumpia Sabang dan bagaimana upaya pengembangan produknya. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan dengan total populasi 16 (enam belas) orang sebagai responden dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Penulis menggunakan analisa Deskriptif Kualitatif kemudian menyimpulkan bahwa efektifitas manajemen produksi dalam pengembangan produk pada usaha tersebut bertujuan untuk meningkatkan penjualan pada usaha, meningkat atau tidaknya penjualan tergantung bagaimana manajemen produksi, efektivitas dalam memproduksi kue lumpia yang dipesan oleh konsumen. Upaya Usaha Indutri Rumah Tangga dalam pengembangan produk memodifikasi produk lama dengan berbagai variasi bentuk kue lumpia dan modifikasi kemasan produk serta segmentansi untuk produk kue lumpia sebagai inovasi produk baru dalam usahanya guna mencapai hasil optimal.

Keywords

Efektifitas Manajemen Produksi Pengembangan Produk Kue Lumpia

Article Details

How to Cite
AR, C., & Al-Zarliani, W. O. (2021). Efektivitas Manajemen Produksi Dalam Pengembangan Produk Pada Usaha Industri Rumah Tangga Kue Kacang Ijo KN Lumpia Sabang di Aceh Besar. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(4), 652–661. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i4.1587

References

  1. Dinas Perindustrian Kabupaten Aceh Besar (2020). Data Tahunan Jumlah Usaha Industri Rumah Tangga Kue Lumpia Kabupaten Aceh Besar.
  2. Fahdiansyah, R., Qudsi, J., & Bachtiar, A. (2018). Struktur Kepemilikan Dan Nilai Perusahaan: (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal VARIAN, 1(2), 41–49. https://doi.org/10.30812/varian.v1i2.70
  3. Sangurjana, I. G. W. F., Widyantara, I. W., & Dewi, I. A. L. (2016). Efektivitas dan Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Usahatani Cabai Besar di Desa Baturiti Kecamatan Baturiti Tabanan. Agrowisata, Jurnal Agribisnios Dan, 5(1), 1–11.
  4. Sukoco, I., Fordian, D., Fauzan, F., & Kurniawati, L. (2021). Penyuluhan makanan, bisnis kuliner, dan sertifikasi halal bagi pelaku ukm kabupaten pangandaran. Kumawu, 4(2), 344–352.
  5. Thontowie, Septenaria, & Riswan. (2011). Sistem pengendalian manajemen produksi dan hubungannya dengan pengelolaan persediaan bahan baku. Jurnal akuntansi&keuangan, 2(july), 1–7.
  6. Fahdiansyah, R., Qudsi, J., & Bachtiar, A. (2018). Struktur Kepemilikan Dan Nilai Perusahaan: (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal VARIAN, 1(2), 41–49. https://doi.org/10.30812/varian.v1i2.70
  7. Sangurjana, I. G. W. F., Widyantara, I. W., & Dewi, I. A. L. (2016). Efektivitas dan Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Usahatani Cabai Besar di Desa Baturiti Kecamatan Baturiti Tabanan. Agrowisata, Jurnal Agribisnios Dan, 5(1), 1–11.
  8. Sukoco, I., Fordian, D., Fauzan, F., & Kurniawati, L. (2021). Penyuluhan makanan, bisnis kuliner, dan sertifikasi halal bagi pelaku ukm kabupaten pangandaran. Kumawu, 4(2), 344–352.
  9. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : CV. Alfabeta. Hal 334
  10. Thontowie, Septenaria, & Riswan. (2011). Sistem Pengendalian Manajemen Produksi dan Hubungannya dengan Pengelolaan Persediaan Bahan Baku. Jurnal Akuntansi&Keuangan, 2(July), 1–7.