Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebiasaan siswa dalam membaca cerpen dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan tes tulis. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) kebiasaan membaca cerpen siswa Kelas X  Madrasah Aliyah Negeri  dengan  jumlah siswa 48  dapat diketahui bahwa sebanyak 29 siswa (82,88%) berada  pada  kategori sedang, 13 siswa (11,71%) berada pada kategori tinggi, dan 6 siswa (5,41%)  berada pada kategori rendah; (2) keterampilan  menulis  narasi  siswa  Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri   Kota Baubau  dengan jumlah siswa 48  dapat  diketahui bahwa sebanyak 27 siswa (58,56%)  berada pada  kategori sedang, 12  siswa  (17,12%) berada pada kategori tinggi, dan 9  siswa (24,32%) yang berada pada kategori  rendah. Dengan demikian, dapat  disimpulkan bahwa  kebiasaan membaca  cerpen  dengan keterampilan menulis  narasi  mempunyai  hubungan timbal balik. Hal ini dikarenakan dalam cerpen  pasti terdapat  narasi  yang menjadi dasar dalam sebuah cerpen.

Keywords

Kebiasaan Membaca Cerpen Menulis Narasi

Article Details

How to Cite
Nuryadin, C. (2021). KEBIASAAN MEMBACA CERPEN DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 4(1), 86–96. https://doi.org/10.35326/pencerah.v4i1.1564