Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi lokasi black spot dan lokasi black link yang terdapat pada jalan poros Baubau-Kapontori. Penelitian dilakukan dengan pada Jalan Poros Baubau-Kapontori dengan harapan bahawa jika telah teridentifikasinya lokasi-lokasi Black Spot maupun Black Link maka mempengaruhi pula sikap pengendara dalam berkendara di jalan raya sehingga dapat mengurangi kecelakaan yang terjadi. Harapannya adalah dengan berkurangnya kecelakaan di jalan Poros Baubau-Kapontori, maka dapat mengurangi pula korban kecelakaan di jalan tersebut baik korban meninggal dunia, luka berat maupun luka ringan. Output yang dihasilakan dari penelitian ini adalah diharapkan dapat terbit pada jurnal nasional Media Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Malang.

Keywords

Black-Spot Black-Link Jalan Poros Kecelakaan

Article Details

How to Cite
Efendi, A., Idwan, I., Suhardin, S., Kasa, W., & Upu, R. (2021). Analisis Lokasi Black Spot dan Black Link Pada Jalan Poros Baubau-Kapontori. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(3), 435-450. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i3.1200

References

  1. Agustin, I. W., Meidiana, C., & Muljaningsih, S. (2020). Studi Simulasi Model Kecelakaan Pengendara Mobil untuk Meningkatkan Keselamatan Lalu Lintas di Daerah Perkotaan. Warta Penelitian Perhubungan, 32(2). https://doi.org/10.25104/warlit.v32i2.1513
  2. Enggarsasi, U., & Sa’diyah, N. K. (2017). Kajian Terhadap Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Dalam Upaya Perbaikan Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas. Perspektif, 22(3), 228. https://doi.org/10.30742/perspektif.v22i3.632
  3. Ermawati, A. D., Sugiyanto, G., & Indriyati, E. W. (2019). Penentuan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas dengan Pendekatan Fasilitas Perlengkapan Jalan di Kabupaten Purbalingga. Dinamika Rekayasa, 15(1), 65. https://doi.org/10.20884/1.dr.2019.15.1.258
  4. Kusuma, Y., Sumarna, T., Mustika, D., & Demar, M. (2019). Kinerja Rambu Lalu Lintas dan Dampaknya Pada Kecelakaan (Studi Kasus: Jalan Soekarno Hatta Bandung). Potensi : Jurnal Sipil Politeknik, 21(2), 61–64. https://doi.org/10.35313/potensi.v21i2.1597
  5. Oktopianto, Y., & Pangesty, S. (2021). Analisis Daerah Lokasi Rawan Kecelakaan Jalan Tol Tangerang-Merak. Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 8(1), 26–37. https://doi.org/10.46447/ktj.v8i1.301
  6. Setiawan, D., & Asima, M. (2019). Pemetaan Risiko Kecelakaan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Tol Cipularang. Jurnal Teknik Sipil, 15(2), 100–113. https://doi.org/10.28932/jts.v15i2.1923
  7. Setyarini, N. L. S. P. E., & Lukito, B. I. (2020). Audit Keselamatan Jalan Tol Jagorawi. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, 4(2), 403. https://doi.org/10.24912/jmstkik.v4i2.9056
  8. Sugiyanto, G., & Fadli, A. (2017). Identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas (Black Spot) di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Jurnal Teknik Sipil Dan Perencanaan, 19(2), 128–135. https://doi.org/10.15294/jtsp.v19i2.10768