Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 MaliganoKabupaten Muna
Keywords:
Talking Stick, Hasil Belajar, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Islam pada kelas VA di SD Negeri 1 Maligano. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur penelitian dalam dua siklus dan beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumupalan data yang digunakan yaitu observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Observasi dilaksanakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Tes hasil belajar dilaksanakan untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data tentang keadaan dan jumlah siswa yang akan diteliti pada kelas VA SD Negeri 1 Maligano yakni 35 siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan, siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas pada tes awal prasiklus sebanyak 15 siswa (42,86%). Setelah pelaksanaan siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar di atas nilai 70 sejumlah 23 siswa (65,71%). Selanjutnya setelah pelaksanaan siklus II, siswa yang memperoleh nilai di atas 70 berjumlah 32 siswa (91,42%) dan mencapai ketuntasan belajar secara kalsikal yakni di atas 80%.