Nilai Al Islam Ke-Muhammadiyah-an dalam pengembangan Kurikulum Berbasis Video Pembelajaran di Sekolah Dasar
Keywords:
Nilai Al Islam, Muhammadiyah, Kurikulum, Video PembelajaranAbstract
Kurikulum berbasis maritim juga terkadang kurang terintegrasi dengan kurikulum umum, sehingga peserta didik mungkin tidak memahami secara komprehensif bagaimana aspek-aspek maritim berdampak pada kehidupan sehari-hari dan berbagai sektor lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai Al Islam Ke-Muhammadiyah-an dalam pengembangan kurikulum berbasis video pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan jenis penelitian Field Research, yaitu berdasarkan hasil yang diperoleh melalui penelitian lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan jenis penelitian Field Research, yaitu berdasarkan hasil yang diperoleh melalui penelitian lapangan. Mengenai objek yang di bicarakan sesuai kenyataan yang terjadi di Sekolah Dasar di Kota Baubau. Jenis penelitian ini pendekatan semantik. Pendekatan semantik adalah pendekatan untuk melihat nilai AIK dalam pengembangan Kurikulum Berbasis Video Pembelajaran. Hasil Penelitian menunjukan bahwa integrasi nilai Al-Islam dan Ke-Muhammadiyah-an dalam materi pembelajaran di SD Negeri 1 Kaobula dan SD Negeri 2 Wameo terbukti menjadi prioritas penting dalam membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia. Guru-guru di kelas IV secara aktif mengintegrasikan prinsip-prinsip ini ke dalam kurikulum dengan pendekatan yang relevan dan menarik, menunjukkan dampak positif dalam pengembangan karakter siswa.