Pengembangan Media Video Animasi Powtoon dalam Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Hidup pada Hewan Pada Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Pengembangan, Media, PowtoonAbstract
Penelitian ini bertunjuan untuk mengembangakan video animasi powtoon tentang materi Siklus Hidup pada Hewan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) atau penelitian pengembangan, dalam penelitian ini model yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk data observasi dan wawancara sedangkan untuk menghitung skor hasil dari validasi, kepraktisan dan keefektifan yang berupa angka menggunakan analisis statistika. Hasil validasi media mendapatkan skor presentase sebesar 89% dengan katagori sangat valid digunakan dan validasi materi mendapatkan skor presentase sebesar 100% dengan katagori sangat valid digunakan. Hasil kepraktisan respon guru mendapatkan skor presentase sebesar 94% dengan katagori sangat praktis digunakan dan kepraktisan respon siswa memdapatkan skor presentase sebesar 93% dengan kategori sangat praktis digunakan. Hasil keefektifan media mendapatkan nilai diatas KKM rata-rata siswa memperoleh nilai sebesar 85 dan ketuntasan belajar klasikal siswa mendapatkan presentase sebesar 93% sehingga dikatakan berhasil dan efektif digunakan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Media animasi powtoon dinyatakan layak digunakan sebagai media pada mata pelajaran IPA materi Silus Hidup pada Hewan dan berhasil menarik minat belajar siswa, serta meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa.