Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak Melalui Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)
Keywords:
Minat Belajar, Akidah Akhlak, Metode PembelajaranAbstract
Fasilitas dan sumber daya pendukung di sekolah sering kali tidak memadai untuk mendukung implementasi CTL, seperti kurangnya materi pembelajaran yang kontekstual dan interaktif. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Pesearch). Penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah Tindakan. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 3 Wakatobi. Objek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Wakatobi dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu: (1) tahap perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling utama denagan penelitian, karena tujuan utama dari penelitian adalah memperoleh data. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada minat belajar akidah akhlak dan proses pembelajaran ditandai dengan aktivitas guru dan siswa selama proses belajar mengalami peningkatan. Mata pelajaran di MTs Negeri 3 Wakatobi belum bervariasi masih menggunakan metode ceramah dan terfokus oleh pelajaran guru, siswa yang terkesan menjadi tidak aktif maka peneliti mengunakan metode pembelajaran contextual teaching and learning untuk diterapkan pada minat belajar akidah akhlak yang sebelumnya belum pernah menggunakan metode tersebut.