Analisis Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Observasi Guru dan Siswa

Authors

  • Muhamad Iksan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Acoci Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Observasi, Pendekatan Pembelajaran, Kontekstual, IPA

Abstract

Pengamatan awal yang peneliti lakukan di SD Negeri 2 Kaobula tepatnya dikelas IV pada tanggal 29 juli 2022 dan dilanjutkan dengan pengamatan kedua pada tanggal 8 maret 2023, peneliti menemukan bahwa banyak peserta didik yang nilainya belum mencapai KKM yaitu 70. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan observasi guru dan siswa melalui pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah gabungan dari tiga kata yaitu penelitian, tindakan, dan kelas. Dengan melalukan observasi siswa dan guru dengan mencermati sebuah objek dengan metode tertentu agar dapat diperoleh data dan informasi yang bermanfaat bagi peneliti maupun guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa observasi kegiatan guru dan siswa yang terus meningkat dari tahap pra siklus hingga siklus II. Pada tahap pra siklus siswa yang berhasil tuntas sebesar 7 siswa (25,92%), pada siklus 1 meningkat menjadi 18 siswa (66,67%), dan pada siklus 2 meningkat sebesar 25 siswa (92,59%). Dari hasil yang diperoleh tersebut, penelitian dihentikan dan dinyatakan berhasil karena berhasil meningkatkan hasil belajar siswa hingga melampaui indikator keberhasilan yang ditentukan yakni sebesar 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Iksan, M., & Acoci. (2024). Analisis Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Observasi Guru dan Siswa. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 80–91. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/view/5935