Pembentukan Tata Bahasa Siswa melalui Media Pembelajaran Animasi Camtasia Berbasis Kemaritiman dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Authors

  • Farisatma Universitas Muhammadiyah Buton
  • Krisnawati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muhammad Yusnan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Anggun Ode Arji Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Tata Bahasa, Media Pembelajaran, Kemaritiman

Abstract

Pembentukan tata bahasa siswa melalui media pembelajaran animasi Camtasia berbasis kemaritiman merupakan sebuah pendekatan inovatif dalam pembelajaran bahasa. Dengan menggunakan animasi Camtasia yang menitikberatkan pada konteks kemaritiman, siswa dapat mengalami pembelajaran yang lebih menarik dan relevan.  Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berbasis paradigma karena peneliti ingin menemukan fakta dan mengintrepestasikan satu asumsi dasar yang menjadi inti paradigma peneltian Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini, yaitu Wawancara, Teknik rekam, Teknik catat, dan Dokementasi. Analisis data merupakan suatu proses mengatur urutan data, mengorganisasikannya kedalam suatu pola, kategori, dan satuan uraian dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan animasi Camtasia di SD Negeri 1 Kaobula secara efektif mengenalkan konsep-konsep kemaritiman kepada siswa secara visual dan interaktif. Media animasi ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran tata bahasa, tetapi juga memperkuat pemahaman mereka terhadap materi dengan elemen visual yang menarik. Lebih jauh lagi, implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah tersebut telah berhasil memfasilitasi integrasi nilai-nilai kemaritiman dalam semua aspek pembelajaran, termasuk tata bahasa, sehingga meningkatkan apresiasi siswa terhadap warisan budaya dan lingkungan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Farisatma, Krisnawati, Yusnan, M., & Ode Arji, W. A. (2024). Pembentukan Tata Bahasa Siswa melalui Media Pembelajaran Animasi Camtasia Berbasis Kemaritiman dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 65–79. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/view/5753