Analisis Penggunaan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Slow Learner pada Materi Penerapan Sila-Sila Pancasila di Sekolah Dasar
Keywords:
Media Video Pembelajaran, Penerapan Sila-Sila PancasilaAbstract
Kesenjangan pemahaman siswa slow learner pada materi penerapan sila-sila Pancasila di SD Negeri 1 Sadang merupakan tantangan yang signifikan bagi para pendidik. Siswa slow learner sering kali mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep abstrak dan kompleks seperti yang terdapat dalam nilai-nilai Pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis penggunaan media video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa slow learner pada materi penerapan sila-sila pancasila di Sekolah Dasar. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 di SDN 1 Sadang. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah Wawancara, Teknik rekam, dan Dokementasi Teknik Analisis data mengorganisasikan kedalam suatu pola, kategori, dan satuan uraian dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Efektivitas media video pembelajaran diterapkan di SD Negeri 1 Sadang secara efektif; 2) terdapat peningkatan pemahaman siswa slow learner pada materi penerapan sila-sila pancasila di kelas IV SDN 1 Sadang; 3) kelebihan dan kekurangan dari penggunaan media video, pendekatan yang seimbang antara teknologi dan metode pengajaran tradisional dapat mengoptimalkan pembelajaran Sila-Sila Pancasila untuk semua siswa, memastikan bahwa nilai-nilai tersebut tidak hanya dipahami tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari secara bermakna.