Analisis Penggunaan Media Papan Suku Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia di Kelas 2 SD Negeri 02 Sadang

Authors

  • Henni Puji Astuti Universitas Muria Kudus
  • Kinesti Destia Syafitri Universitas Muria Kudus
  • Arcivid Chorynia Ruby Universitas Muria Kudus

Keywords:

papan suku kata, kemampuan membaca, siswa disleksia

Abstract

Anak dengan kebutuhan khusus memerlukan pendekatan belajar yang berbeda dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya. Salah satu jenis kebutuhan khusus adalah disleksia, di mana anak-anak ini sering menghadapi kesulitan belajar, terutama dalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan papan suku kata sebagai alat bantu dalam membantu anak disleksia dalam proses membaca. Subjek penelitian adalah siswa disleksia kelas V di SD N 2 Sadang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui tes membaca dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk diagram. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan papan suku kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan papan suku kata efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia dengan meningkatnya daya ingat mereka. Selain itu, aktivitas belajar dan motivasi membaca anak disleksia juga mengalami peningkatan berarti.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Astuti, H. P., Syafitri, K. D., & Ruby, A. C. (2024). Analisis Penggunaan Media Papan Suku Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia di Kelas 2 SD Negeri 02 Sadang. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 13–21. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/view/5631