Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Mengubah Perilaku Siswa

Authors

  • Aknia Nur Cahaya Institut Agama Islam Negeri Kendari
  • St Fatimah IAIN Kendari
  • Samsul Bahri IAIN Kendari

Keywords:

Metode pembelajaran, Akidah Akhlak, Perilaku Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: gambaran perilaku siswa di kelas V MIN 2 Konawe Selatan, metode pembelajaran Akidah Akhlak yang digunakan oleh guru dalam mengubah perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini diklasifikasi menjadi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa perilaku siswa kelas V di MIN 2 Konawe Selatan awalnya belum memenuhi kriteria akhlak yang baik khususnya pada pembelajaran Akidah Akhlak, dimana perilaku tidak terpuji siswa diantaranya meliputi: sering berkata kasar, sering mengganggu temannya pada proses pembelajaran, dan sering bermain pada saat jam pembelajaran berlangsung. Tetapi seiring berjalannya waktu perilaku siswa berubah menjadi lebih baik dengan diterapkannya beberapa metode pembelajaran oleh guru yang terdiri dari metode tilawah/tartil, metode tazkiyah, dan metode nasehat. Penggunaan ketiga metode ini dinilai sangatlah efektif dan efisien dalam mengubah perilaku buruk siswa, terlihat setelah guru menggunakan metode tersebut siswa lebih saling menghargai, bekerja sama, saling tolong menolong temannya, dan memaki temannya dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asiyah, S., & Hasibullah, M. U. (2020). Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlak Siswa di MTS Raudlatus Syabab Sumberwringin Sukowono Jember. Ta’lim Diniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(1), 84. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v1i1.7

Efendy, M., & Nainggolan, E. E. (2022). Pendekatan Behavioral untuk Mengurangi Perilaku Mengganggu pada Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 12653–12662. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10440

Fatimah, S., Zuriah, N., & Syahri, M. (2016). Implementasi Pendidikan Budi Pekerti Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa. Jurnal Civic Hukum, 1(1), 18. https://doi.org/10.22219/jch.v1i1.10459

Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak melalui metode lectures vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 35.

Firda, F. A., & Efiyanti, A. Y. (2022). Strategi Guru Ips Dalam Mengatasi Permasalahan Sikap Sosial Siswa Mtsn 6 Blitar. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 188–198. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i2.1711

Haniyyah, Z., & Indana, N. (2021). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMPN 03 Jombang. Irsyaduana: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 75–86. https://doi.org/https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.259

Hikmah, N., & Alam, M. (2022). Prinsip Prinsip Pendidikan Anak Usia Dini dalam Al- Qur ’ an. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 899–921. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2344

Lubis, Z., & Anggraeni, D. (2019). Paradigma Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi Menuju Pendidik Profesional. Jurnal Online Studi Al-Qur’an, 15(1), 133–153. https://doi.org/10.21009/jsq.015.1.07

Mashuri, I., Faishol, R., Rofiq, A., & Julian, A. (2021). Komparasi Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Banyuwangi dalam Pembelajaran Materi Akidah Akhlak menggunakan Metode Pembelajaran Make A Match dan Picture and Picture. INCARE, International Journal of Educational Resources, 2(1), 039-053.

Maulid, A. A., Nasrullah, Y., & Saifullah, I. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Active Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Penelitian di Kelas VIII MTs Ponpes Cipari, Garut). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 165-172.

Mudrika, R. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Studi Kasus SMP Negeri 8 Palembang. Rampai Sumsel: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1–6. http://jurnal.inmastvkemenag.id/index.php/rampaisumsel/article/view/14

Mujadi, M. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sebagai Upaya Optimalisasi Penerapan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Akidah Akhlak Kelas VI MI DI Kulon Progo. Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam, 11(1), 32. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i1.172

Munandar, A. (2022). Metode Guru dalam Membina Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah. Journal of Educational Research, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.2

Mutholingah, S., & Zain, B. (2021). Metode Penyucian Jiwa (Tazkiyah Al-Nafs) Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Islam. journal TA’LIMUNA, 10(1), 69–83. https://doi.org/10.32478/talimuna.v10i1.662

Muttaqin, M. R., Fauzan, U., & Malihah, N. (2023). Pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap akhlakul karimah siswa Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Anggana. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 349–362. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i2.14233

Putra, P. (2018). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran aqidah akhlak (studi multi kasus di MIN Sekuduk dan MIN Pemangkat Kabupaten Sambas). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 147-156.

Siswati, V., Lutfi Rachman, & Zainati Khairiah. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI MTsN 8 HULU SUNGAI SELATAN KALIMANTAN SELATAN. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 48–60. https://doi.org/10.38073/jpi.v10i1.605

Subhan, S. (2017). Pengaruh Penguasaan Materi Akidah Akhlak terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa STKIP Taman Siswa Tahun 2017/2018. Jurnal Pendidikan IPS, 7(2), 105–116. https://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpi/article/view/111

Supriatna, U., & Rahayu, P. (2021). Hubungan pembelajaran akidah akhlak dan perilaku siswa. Journal of Nusantara Education, 1(1), 19-26.

Verawati, W. O. C., Fazila, N., Safila, D., Sherly, S., Yusnan, M., & Alhasan, S. E. (2023). Orientasi Smart Parenting dalam Membangun Tumbuh Kembang Peserta Didik. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 91-94.

Yanti, S. F., & Tantoro, S. (2017). Pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kampar Timur (Doctoral dissertation, Riau University).

Zurqoni, Z., & Musarofah, M. (2018). Penguatan Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 6(1), 65–86. https://doi.org/10.21093/sy.v6i1.1326

Zulvawati, A., Isnaini, M., & Imtihana, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 62-67.

Downloads

Published

2024-08-10