STIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN PUZZLE KREASI DI TK NURUL JIHAD PEROPA KECAMATAN KALEDUPA SELATAN KABUPATEN WAKATOBI
DOI:
https://doi.org/10.35326/juwara.v1i1.2423Keywords:
permainan puzzle kreasi, perkembangan kognitifAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (field Research) dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Lipu yang berjumlah 21 siswa.Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Lipu Kabupaten Buton Selatan?Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan Model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan di kelas IV SD Negeri 1 Lipu Kabupaten Buton Selatan? Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum menerapkan pembelajaran kooperatif teknik mecari pasangan pada pelajaran IPS, diperoleh sebanyak 8 (38%) tuntas dan 13 (61,9%) belum tuntas dan nilai rata-rata kelas 63,80. Namun setelah pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan dalam pelajaran IPS pada siklus I dan siklus II diperoleh data bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hasil belajar siklus I menyatakan sebanyak 14 (66,6%) tuntas dan 7(33,3%) belum tuntas dan nilai rata-rata 70. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukan 18 (81,9%) tuntas dan 3 (14,2%) belum tuntas dan nilai rata-rata kelas 76. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran koperatif teknik mencari pasangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Lipu Kabupaten Buton Selatan