STIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN PUZZLE KREASI DI TK NURUL JIHAD PEROPA KECAMATAN KALEDUPA SELATAN KABUPATEN WAKATOBI

  • fitriani layla fitriani Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muhammad Iksan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rachman Saleh Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: permainan puzzle kreasi, perkembangan kognitif

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (field Research) dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Lipu yang berjumlah 21 siswa.Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Lipu Kabupaten Buton Selatan?Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan Model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan di kelas IV SD Negeri 1 Lipu Kabupaten Buton Selatan? Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum menerapkan pembelajaran kooperatif teknik mecari pasangan  pada pelajaran IPS, diperoleh sebanyak 8 (38%) tuntas dan 13 (61,9%) belum tuntas dan nilai rata-rata kelas 63,80. Namun setelah pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan dalam pelajaran IPS pada siklus I dan siklus II diperoleh data bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hasil belajar siklus I menyatakan sebanyak 14 (66,6%) tuntas dan 7(33,3%) belum tuntas dan nilai rata-rata 70. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukan 18 (81,9%) tuntas dan 3 (14,2%) belum tuntas dan nilai rata-rata kelas 76. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran koperatif teknik mencari pasangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Lipu Kabupaten Buton Selatan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

fitriani layla fitriani, Universitas Muhammadiyah Buton

Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun melalui permainan puzzle kreasi di TK Nurul Jihad Peropa Kecamatan Kaledupa Selatan Kabupaten Wakatobi.   Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dalam kaitannya yang dimaksud dengan penelitian deskritif yaitu prosedur penelitian dengan cara mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak melalui permainan puzzle kreasi  mengalami peningkatan dan perubahan kearah yang lebih baik dalam menstimulasi perkembangan kognif anak di TK Nurul Jihad Peropa. Hal tersebut dapat diketahui dari pencapaian perkembangan yang telah dicapai anak pada setiap indikator. Pada indikator pertama dari jumlah 6 orang anak telah diteliti 1 orang anak mulai berkembang (MB), 2 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 3 orang anak  berkembang sangat baik (BSB) berikutnya , pada indikator kedua yaitu dari 6 orang anak yang diteliti 1 orang anak mulai berkembang  (MB), 3 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 2 orang anak berkembang sangat baik (BSB) kemudian, untuk indikator ke tiga yakni ada 6 orang anak yang telah diteliti 1 orang anak mulai berkembang  (MB), 2 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 3 orang anak  berkembang sangat baik (BSB) selanjutnya indikator ke empat yakni dari jumlah 6 orang anak ada 1 orang anak mulai berkembang  (MB), 2 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 3 orang anak  berkembang sangat baik (BSB) dan pada indikator ke lima yakni ada 6 orang anak yang diteliti 1 orang anak mulai berkembang (MB), 3 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 2 orang anak berkembang sangat baik (BSB).  

Muhammad Iksan, Universitas Muhammadiyah Buton

Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun melalui permainan puzzle kreasi di TK Nurul Jihad Peropa Kecamatan Kaledupa Selatan Kabupaten Wakatobi.   Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dalam kaitannya yang dimaksud dengan penelitian deskritif yaitu prosedur penelitian dengan cara mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak melalui permainan puzzle kreasi  mengalami peningkatan dan perubahan kearah yang lebih baik dalam menstimulasi perkembangan kognif anak di TK Nurul Jihad Peropa. Hal tersebut dapat diketahui dari pencapaian perkembangan yang telah dicapai anak pada setiap indikator. Pada indikator pertama dari jumlah 6 orang anak telah diteliti 1 orang anak mulai berkembang (MB), 2 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 3 orang anak  berkembang sangat baik (BSB) berikutnya , pada indikator kedua yaitu dari 6 orang anak yang diteliti 1 orang anak mulai berkembang  (MB), 3 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 2 orang anak berkembang sangat baik (BSB) kemudian, untuk indikator ke tiga yakni ada 6 orang anak yang telah diteliti 1 orang anak mulai berkembang  (MB), 2 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 3 orang anak  berkembang sangat baik (BSB) selanjutnya indikator ke empat yakni dari jumlah 6 orang anak ada 1 orang anak mulai berkembang  (MB), 2 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 3 orang anak  berkembang sangat baik (BSB) dan pada indikator ke lima yakni ada 6 orang anak yang diteliti 1 orang anak mulai berkembang (MB), 3 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 2 orang anak berkembang sangat baik (BSB).  

Rachman Saleh, Universitas Muhammadiyah Buton

Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun melalui permainan puzzle kreasi di TK Nurul Jihad Peropa Kecamatan Kaledupa Selatan Kabupaten Wakatobi.   Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dalam kaitannya yang dimaksud dengan penelitian deskritif yaitu prosedur penelitian dengan cara mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak melalui permainan puzzle kreasi  mengalami peningkatan dan perubahan kearah yang lebih baik dalam menstimulasi perkembangan kognif anak di TK Nurul Jihad Peropa. Hal tersebut dapat diketahui dari pencapaian perkembangan yang telah dicapai anak pada setiap indikator. Pada indikator pertama dari jumlah 6 orang anak telah diteliti 1 orang anak mulai berkembang (MB), 2 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 3 orang anak  berkembang sangat baik (BSB) berikutnya , pada indikator kedua yaitu dari 6 orang anak yang diteliti 1 orang anak mulai berkembang  (MB), 3 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 2 orang anak berkembang sangat baik (BSB) kemudian, untuk indikator ke tiga yakni ada 6 orang anak yang telah diteliti 1 orang anak mulai berkembang  (MB), 2 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 3 orang anak  berkembang sangat baik (BSB) selanjutnya indikator ke empat yakni dari jumlah 6 orang anak ada 1 orang anak mulai berkembang  (MB), 2 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 3 orang anak  berkembang sangat baik (BSB) dan pada indikator ke lima yakni ada 6 orang anak yang diteliti 1 orang anak mulai berkembang (MB), 3 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 2 orang anak berkembang sangat baik (BSB).

Published
2022-04-30