Pengembangan Media Video Animasi Kedisiplinan Siswa Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Di SD Negeri 1 Kaobula
DOI:
https://doi.org/10.35326/frame.v4i01.7554Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan media video animasi kedisiplinan untuk layanan bimbingan kelompok di SD Negeri 1 Kaobula. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya disiplin siswa seperti sering datang terlambat, melepas sepatu saat pelajaran, dan makan di kelas. Guru kelas memiliki peran penting membentuk sikap dan perilaku siswa melalui layanan bimbingan, terutama pada masa sekolah dasar sebagai masa emas pembentukan karakter. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) model Borg & Gall dengan delapan tahap dari analisis kebutuhan hingga implementasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket akseptabilitas, dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Produk yang dikembangkan berupa video animasi 2D berdurasi ±6 menit, menarik, dan mudah dipahami sesuai karakteristik siswa SD. Hasil penelitian menunjukan bahwa video animasi kedisiplinan siswa sangat dibutuhkan di SD. Menghasilkan video animasi kedisplinan sebagai media dalam layanan bimbingan kelompok siswa SD serta tingkat validitas dan kepraktisan video animasi telah dinyatakan valid dan praktis digunakan sebagai media dalam layanan bimbingan dan kelompok dalam meningkatkan kedisplinan siswa di SD Negeri 1 Kaobula.
Downloads
References
Bulu, Y. K., Triwahyudianto, T., & Sulistyowati, P. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sd. 6(1), 46–56.
Chan, F., Kurniawan, A. R., Melinda, L. G., Priantini, R., Zubaedah, Z., Suharti, S. R., & Khodijah, S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Di Sd Negeri 187/1 Teratai. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 137–145.
Edison, E. (2018). Pengembangan Model Konseling Islami Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sma Negeri 8 Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Eliza, R., Hovipah, S., Nurazizah, S. T., Nabila, I. S., & Nugraha, R. G. (2024). Pengembangan Video Animasi 3D Tentang Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1311–1321.
Ernawati, I. (2016). Pengaruh Layanan Informasi dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XII MA Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1).
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal pengembangan profesi pendidik indonesia (JPPPI).
Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa Kelas V SDN Se-Gugus Sukodono Sidoarjo.
Salsabila, S. A. P., Audina, S. E., Wulandari, R. P. A., & Amanda, M. D. (2023). Implementasi Aspek Kompetensi (Sikap) dan Habit (Kebiasaan) pada Pendidikan Karakter di SMP IT at-Taqwa. YASIN, 3(5), 1233–1250.
Sari, S. P., Ulfa, M., & Samsaifil, S. (2023). Effectiveness of Group Counseling through Behavior Contract Techniques to Improve Student Discipline in Class X1 MAN 1 Buton. AIQU: Journal Multidiscipliner of Science, 1(4), 194-202.
Sekarwati, E., Hidayati, Y. M., & Destya, A. (2023). Media Video Pembelajaran Berbasis Camtasia Untuk Penanaman Konsep Luas Bangun datar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 28–33.
Tabina, M. H. C., Mubarok, A. I., Sari, I. M., Nabela, Y. A., Fakhriyah, F., & Fajrie, N. (2024). Analisis Media Pembelajaran Interaktif Dalam Minat Belajar Siswa Kelas 5 SD 03 Tergo. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 2493–2502.
Yuliandha, S., & Kurniawan, U. T. (2024). Pengembangan Media Animasi Dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Baubau. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 3(01), 191–199. Sadif,
R. S., & Kamsia, K. (2022). Teknik Behavior Contract Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 13350-13356.
Sadif, R. S., & Ulfa, M. (2022). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMPN 1 KAMBOWA DI ERA COVID-19. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 1(01), 1-10.
Wibisono, H. A., Putra, B. N., Prihatin, E., Simarmata, M. A., Perang, B., Simanungkalit, R. M., ... & Wajdi, F. (2024). Pengelolaan kelas dan kedisiplinan.