Pengembangan Video Animasi Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mempersiapkan Diri Siswa Dalam Menghadapi Menstruasi Di Kelas VII SMPN 7 Baubau

Authors

  • Esti Rahayu Esti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Maria Ulfa Universitas Muhammadiyah Buton

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui analisis kebutuahan video animasi untuk mempersiapkan diri menghadapi menstruasi siswa, 2) mengetahui prototipe pengembangan video animasi melalui bimbingan kelompok, 3) mengetahui tingkat validasi dan kepraktisan video animasi melalui, bimbingan kelompok untuk mempersiapkan diri siswa dalam menghadapi menstruasi siswa di kelas VII SMP Negeri 7 Baubau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg and Gall, dengan 3 subjek uji ahli produk dan sabjek uji coba produk sebanyak 12 siswa kelas VII SMP Negeri 7 Baubau. Hasil penelitin menunjukan tingkat faliditas dan kepraktisan dari ahli materi dan praktisi terhadap video animasi di peroleh skor total sebanyak 370 dengan presentase 92,71%, termasuk dalam kriteria “Sangat Sesuai”. Hasil validasi dari ahli media memperoleh skor 370 dengan priesentase 92,71%, termasuk dalam kriteri “Sangat Baik”. Sedangkan hasil tanggapan siswa terhadap video animasi memperoleh skor 6 dengan presentase 75 % termaksud dengan kriteria “Sangat Sesuai dan Sangat Baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifa, N. S., Hanafi, S., & Nulhakim, L. (2021). Pengembangan media video pembelajaran animasi berbasis kinemaster untuk meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN kedaleman IV. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(2).

BPS (Badan Pusat Statistik). (2018). "Statistik Kesejahteraan Rakyat Indonesia 2018". Jakarta: BPS.

NINGSIH, H., Septiyanti, S., Husni, H., & Dahrizal, D. (2021). Pengaruh Edukasi Menggunakan Masker melalui Media Video Animasi terhadap Perilaku Pedagang Pasar Panorama di Wilayah Kota Bengkulu.

Nurwahidah, N., Syaharuddin, S., Mandailina, V., & Abdillah, A. (2024). Efektivitas Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Animasi Terhadap Kecerdasan Kognitif Siswa. 4(1), 453–463.

Rahmawati, N., & Widyastuti, D. A. (2021). Media Video Animasi Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Sebagai Upaya Preventif Kecanduan Game Online Di SMA. Prosiding, 830–840.

Rahmawati, E. (2021). Penggunaan media video animasi dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kesiapan remaja menghadapi menstruasi. "Jurnal Bimbingan dan Konseling", "10"(2), 87–95.

Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap konformitas teman sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9–17.

Ulfa, M., Husniah, W. O., Adan, L. M. H., & Ngabdil, P. M. A. (2023). POLA ASUH DEMOKRATIS DAN KEPRIBADIAN ANAK DUSUN WINTAOS, GIRIMULYO, PANGGANG, GUNUNG KIDUL. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 2(02), 82-87.

Wijaya, H. (2020). Peran media animasi dalam edukasi kesehatan anak. "Jurnal Media dan Pendidikan", "6"(2), 76–83.

WHO. (2018). "Adolescent Health and Development". World Health Organization.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Esti, E. R., & Maria Ulfa. (2025). Pengembangan Video Animasi Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mempersiapkan Diri Siswa Dalam Menghadapi Menstruasi Di Kelas VII SMPN 7 Baubau. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 4(01), 313–319. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/7533