Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self talk Untuk Meningkatkan Kesadaran Moral Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.35326/frame.v4i01.7466Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesadaran moral siswa, mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik self talk, serta menguji peningkatan kesadaran moral siswa kelas X SMA Negeri 2 Baubau melalui bimbingan kelompok dengan teknik self talk. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 41 siswa, diambil sampel sebanyak 10 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kesadaran moral siswa secara umum dari kategori sedang dengan persentase (54%) menjadi kategori tinggi dengan persentase (90%). Hasil analisis uji tes statistik uji Wilcoxon pada hasil pretest dan posttest menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05 atau (p<0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat peningkatan signifikan dari nilai pretest kategori sedang dengan persentase (100%) meningkat menjadi katgori tinggi dengan persentase (90%), yang mengindikasikan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik self talk efektif dalam menigkatkan kesadaran moral siswa kelas X SMA Negeri 2 Baubau.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Kesadaran Moral, Self talk
Downloads
References
Pengembangan Buku Panduan Pelatihan Kesadaran Belajar Dengan Menggunakan Teknik Self Talk Dalam Bimbingan Kelompok Siswa Smp. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(5), 381–387. Https://Doi.Org/10.17977/Um065v1i52021p381-387
Aslami, L., Munir, M., & Widodo, A. (2021). Pengaruh Teknik Self Talk terhadap Kesadaran Diri Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 6(2), 123-134. https://doi.org/10.21009/JBKI.062.08
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Dalam Edisi 2 (Hlm. 213). Pustaka Pelajar.
Bakhtiar, M. I., Zahra, A. B., & Yusuf, A. (2021). Model Konseling Islam Berbasis Nilai Profetik Terhadap Moral Awareness Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling. Https://Journal.Ilininstitute.Com/Konseling
Dewi Astuti, A. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Pemberian Tugas Terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Galur Tahun Pelajaran 2018/2019. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). Https://Doi.Org/10.31316/G.Couns.V3i2.322
Hamid, M. (2022). Pendidikan Karakter Kesopanan dalam Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 67–76. Diterbitkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta.
Hasanah, S. U. (2020). Pembinaan Kesadaran Moral Siswa Sma Oleh Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. 4(1).
Hudi, I., Purwanto, H., Miftahurrahmi, A., Marsyanda, F., Rahma, G., Aini, A., & Rahmawat, A. (2024). Menghadapi Krisis Moral Dan Etika Pada Generasi Muda Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, Vol.1, Hal 233-241.
Mewar, M. R. A. (2021). Krisis Moralitas Pada Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19. Perspektif, 1(2), 132–142. Https://Doi.Org/10.53947/Perspekt.V1i2.47
Mulyasa, E. (2021). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Era Global. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhalimah, S., & Gunawan, H. (2022). Refleksi Moral dan Kesusilaan dalam Pendidikan Menengah. Jurnal Psikologi Pendidikan Indonesia, 3(2), 110–122. Diterbitkan oleh Universitas Negeri Jakarta.
Taherong, R. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Aplikasi TikTok Untuk Meningkatkan Karakter Moral Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Baubau. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 3(01), 200-204.
Yuniarti, S., & Wahyudi, A. (2023). Penguatan Norma Hukum melalui Konseling Kognitif Reflektif. Jurnal Bimbingan dan Konseling Nusantara, 8(1), 45–58. Diterbitkan oleh Universitas Negeri Malang.