Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.35326/frame.v4i01.7463Abstract
Abstrak: Penelitian ini mengkaji efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama untuk meningkatkan resiliensi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Baubau. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Baubau yang terdiri 2 kelas dengan jumlah 50 orang siswa. Sampel terdiri dari 12 siswa dalam kategori rendah dalam resiliensi, yang mengikuti delapan sesi intervensi. Hasil pretest menunjukkan bahwa (100%) berada dalam kategori rendah dalam resiliensi. Sebanyak 12 siswa dalam kategori rendah diberikan intervensi melalui delapan pertemuan yang mencakup regulasi emosi, pengendalian impuls, optimis, kemampuan menganalisis penyebab masalah, empati, keyakinan diri, berpikir positif, dan evaluasi. Hasil posttest menunjukkan peningkatan signifikan, dengan 75% siswa mencapai kategori tinggi, 25% siswa dalam kategori sedang, dan 0% dalam ketegori rendah. Uji statistik Wilcoxon menunjukkan perbedaan signifikan antara pretest dan posttest p = 0.002 (p<0.05), yang mengindikasikan bahwa layanan konseling kelompok teknik psikodrama efektif dalam meningkatkan resiliensi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Baubau.
Kata kunci: Layanan konseling kelompok, psikodrama, resiliensi.
Downloads
References
Arum, Y. D., & Kurniawan, U. T. (2023). Penanganan Resiliensi Anak Korban Broken Home Melalui Konseling Individual Teknik Systematic Desensitization. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 2(01), 87-92.
Aslami, A. D., & KHB, M. A. (2019). Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 363–370.
Ayu Ningtiyas, dan W. (2020). Layanan Konseling Kelompok Dalam Upaya Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik. IJoCE : Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(1), 13–16. https://doi.org/10.32923/ijoce.v1i1.1139
Bakhtiar, F., Aryani, F., & Sinring, A. (2024). Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Untuk Meningkatkan Resiliensi Pada Siswa Sekolah Menangah Kejuruan di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal Of Art, Humanity & Social Studies 4(1), 37– 48.
Kurniawan, U. T., Edison, E., & Arum, Y. D. (2021). Tingkat resiliensi pasien COVID-19 pada Rumah Sehat Kota Baubau. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 6(2), 41–51.
Prastika, Yulia. (2022). Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Resiliensi Diri Siswa Kelas Viii Smp Negeri 48 Surabaya. Skripsi. Universitas Pgri Adibuana, Surabaya.
Rismelina, D. (2020). Pengaruh Strategi Koping dan Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswi Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 195–201.
Sari, S. P. (2017). Teknik Psikodrama dalam Mengembangkan Kontrol Diri Siswa.Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 123. https://doi.org/10.26638/jfk.386.2099
Utomo, P., Pahlevi, R., & Prayogi, F. (2022). The Effect of Social Skills and Social Support on Student Resilience in Schools. Altruistik: Jurnal Konseling Dan Psikologi Pendidikan, 2(1), 38–49.