Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Talk Untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Baubau
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kecemasan berkomunikasi siswa, mengetahui pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self talk, serta menguji efektivitas penurunan kecemasan berkomunikasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Baubau. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest dengan teknik Sampling Purposive sebanyak 10 siswa kategori tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan treatment (pre-test), mayoritas kecemasan berkomunikasi siswa di peroleh (34%) berada dalam kategori tinggi, (45%) berada dalam kategori sedang, (21%) berada dalam kategori rendah. Sebanyak 10 siswa dalam kategori tinggi diberikan treatment berupa layanan konseling kelompok dengan teknik self talk dalam empat pertemuan, yang mencakup aspek suasana hati, aspek kognitif, aspek somatik dan aspek perilaku motorik. hasil posttest menunjukkan pengurangan signifikan dengan 70% siswa mencapai kategori rendah dan 30% dalam kategori sedang. Hasil analisis uji test statistik uji wilcoxon pada hasil pretest dan posttest menunjukkan nilai Asymp. Sig(2-tailed) sebesar 0.005<0.05 atau (p<0.05), dalam pernyataan tersebut menunjukkan bahwa ada penurunan kecemasan berkomunikasi setelah di berikan treatment dengan menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik self talk. Sehingga layanan konseling kelompok teknik self talk efektif mengurangi kecemasan berkomunikasi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Baubau.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Kecemasan Berkomunikasi, Self Talk
Downloads
References
Asep Solikin, Sari Mulia, dan K. (2016). Efektivitas Teknik Desensitisasi Sistematik Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi di Depan Kelas. 18(September), 1–23.
Asmawati, A., & Sadif, R. S. (2023). PENGARUH ETIKA BERMEDIA SOSIAL TERHADAP KECEMASAN SOSIAL PADA MASA PANDEMIK COVID-19 DI KOTA BAUBAU. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 2(01), 98-105.
Budianti, Y., & Kustianingsih, D. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sdn Setiadarma 01 Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 70–76. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v4i1.1270
Damayanti, A. (2024). Pelaksanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modelling Dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Peserta Didik Ma As-Syifa Lampung Selatan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Jemiparera, N., & Pratiwi, T. I. (2019). Penerapan Teknik Metafora Berbentuk Healing Stories Untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas X SMKN 8 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 10(1), 6–20.
Khairunnisa. (2023). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Asertive Untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Siswa Sman 10 Kota Jambi. Universitas Jambi.
Lestari, A. D. (2021a). Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas X Smk Darussalam Campurdarat Tulungaggung. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tuluaggung.
Ramlan, A. N. A. (2022). Penerapan Teknik Self Talk dalam Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas pada Siswa SMP Negeri 39 Bulukumba.
Ramadhani, F. (2020). Penerapan Teknik Self Talk untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Umum Siswa di SMAN 2 Camba.
Sabbangan, N. S., & Moesarofah, M. (2020). Konseling kelompok strategi desentisisasi sistematik efektif menurunkan kecemasan komunikasi siswa SMPN Surabaya. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 236–241. https://doi.org/10.26539/teraputik.42430
Wahyuni, N. (2020). Penerapan Teknik Self Talk Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di Smp Negeri 18 Makassar. Universitas Negeri Makasar.
Widya, N. (2018). Upaya Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas X MAN 4 Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Zein, Z. A. (2018). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Pada Siswa Smp Muhammadiyah 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Zulaifi, R. (2022). Efektivitas konseling kelompok dengan teknik self-talk untuk mengurangi tingkat kecemasan akademik siswa kelas X SMKN 2 Mataram. Jurnal Realita Bimbingan dan Konseling (JRbk), 7(2), 1718–1724.