Efektivitas Bimbingan Karier Berbasis Kolaborasi Melalui Teknik Modeling Partisipan Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Lapandewa
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perencanaan karier siswa, mengetahui pelaksanaan bimbingan karier berbasis kolaborasi dengan teknik modeling partisipan, serta menguji efektivitas peningkatan kemampuan perencanaan karier siswa kelas XI SMA Negeri 3 Lapandewa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest dengan teknik purposive sampling sebanyak 26 siswa dengan kategor sedang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan treatment (pre-test), mayoritas perencanaan karir siswa diperoleh (58%) berada dalam kategori sedang, dan (42%) pada kategori tinggi. Sebanyak 26 siswa dalam kategori sedang diberikan treatment berupa bimbingan karier berbasis kolaborasi melalui teknik modeling partisipan dalam empat pertemuan, mencakup pengungkapan diri, eksplorasi lingkungan, pengambilan keputusan karier, dan evaluasi. Hasil Posttest menunjukkan peningkatan signifikan, dengan 92% siswa mencapai kategori tinggi dan 8% tetap dalam kategori sedang. Uji statistik Wilcoxon menunjukkan perbedaan signifikan antara Pretest dan Posttest p = 0.000 (p<0.05), yang mengindikasikan bahwa teknik modeling partisipan efektif dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa kelas XI SMA Negeri 3 Lapandewa.
Downloads
References
Adiputra, S. (2015). Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(1).
Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2023). Kesulitan Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa Berprestasi Rendah. Journal Of Islamic And Contemporary Psychology, 3(1s), 131–143.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. In Edisi 2 (P. 213). Pustaka Pelajar.
Bahtiar, B., Kafrawi, M., & Yeni, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Media Film Animasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Mts. Al-Intishor Sekarbela. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 207–212.
Edison, E., Husniah, W. O., & Sarjun, S. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Di MAN 1 Baubau. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 17810-17825.
Ekayamti, E. (2018). Pengaruh Modeling Partisipan Teman Sebaya Terhadap Keterampilan Sosial Dan Harga Diri Remaja Retardasi Mental Ringan.
Habiballah, H. F. (2023). Penerapan Teori Super Dalam Bimbingan Karir Untuk Perkembangan Karir Siswa Di Sma Teknologi Pekanbaru.
Harbani Rahma Indina. (2021). Survei Bps: 8,43 Persen Siswa Sma Di Indonesia Masuk Dunia Kerja. https://Www.Detik.Com/Edu/Sekolah/D-5660815/Survei-Bps-8-43-Persen-Siswa-Sma-Di-Indonesia-Masuk-Dunia-Kerja
Julia, M. A., & Afandi, M. (2020). Efektivitas Teknik Mind Mapping Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan: Japkp, 1(2).
Korohama, K. E. P., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2017). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 68–76.
Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying Di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(1), 50–60. Https://Doi.Org/10.30598/Jbkt.V2i1.235
Merdiasi, D. (2023). Pemahaman Diri Dalam Perencanaan Karir Melalui Penelurusan Minat Bakat Pada Siswa Sma: Danella Merdiasi, Kasandra. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 19(2).
Novanti, A. Y., Rakhmawati, D., & Lestari, F. W. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas Xi Sma N 1 Moga. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 63–68.
Nurazizah, N., Samsudin, A., & Rosita, T. (2022). Gambaran Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Media Zoom Meeting Untuk Kematangan Karir Siswa Sma. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 5(4), 282–289.
Pramita, Ecka. (2024). 7 Masalah Karier Ini Kerap Dialami Mahasiswa Yang Baru Lulus. Https://Www.Cantika.Com/Read/1886572/7-Masalah-Karier-Ini-Kerap-Dialami-Mahasiswa-Yang-Baru-Lulus
Rahmatyana, N., & Irmayanti, R. (2020). Teknik Modeling Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Perencanaan Karier Siswa Sma. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(2), 61–71.
Rahmi, F., & Puspasari, D. (2017). Kematangan Karir Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Jenis Sekolah Di Kota Padang. Jurnal Rap (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 8(1).
Tama, A. (2019). Efektivitas Penerapan Teori Karir John L. Holland Terhadap Peningkatan Perencanaan Karir Siswa.
Wulandari, V., & Setiawati, D. (2019). Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Partisipan Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Saat Mengemukakan Pendapat Pada Kelas Xi Ips 3 Di Sman 2 Karangan. Bk Unesa, 9(2), 14–27.
Husniah, W. O., Safaria, R., Ulfa, M., & Rahmah, S. (2022). Mengembangkan Kemampuan Perencanaan Karir Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Short Movie Impian. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 6(1), 159-167.
Husniah, W. O., Edison, E., & Elu, E. S. R. (2023). Peningkatan Perencanaan Karier Siswa melalui Layanan Informasi Karier dengan Menerapkan Teori Karier Holland. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(3), 694-701.
Husniah, W. O. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kapontori. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 3(01), 216-220.
Husniah, W. O., Ulfa, M., Sadif, R. S., Sholehah, H., & Hesti, H. (2022). Layanan Informasi Karir Mengenal Minat Karier Holland Bagi Remaja Karang Taruna Desa Waraa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 1(05), 173-179.
Husniah, W. O., Sadif, R. S., & Sufiana, S. (2025). ADAPTABILITAS KARIER MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING DI ERA DIGITAL. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(8), 6233-6242.