Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV Sumber Maju Kota Baubau
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan pada CV Sumber Maju Kota Baubau dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 32 responden yang ditentukan melalui rumus Slovin dan diambil dengan teknik accidental sampling. Data diperoleh melalui observasi, studi kepustakaan, serta kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 64,5 %. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan harga berkontribusi sebesar 64,5 % terhadap keputusan pembelian, sedangkan 35,5 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.