Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha pada CV. Citra Selaras
Keywords:
Brand image, keputusan pembelian, Yamaha, CV. Citra SelarasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian motor Yamaha pada CV. Citra Selaras Baubau. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena fluktuasi jumlah konsumen, yang diduga dipengaruhi oleh citra merek. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 95 responden, ditentukan dengan rumus Slovin. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian motor Yamaha. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 3,104 lebih besar dari ttabel 1,661 dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,757 yang berarti bahwa brand image mampu menjelaskan variasi keputusan pembelian sebesar 75,7%. Dengan demikian, semakin baik citra merek Yamaha, semakin tinggi pula keputusan pembelian konsumen di CV. Citra Selaras Baubau.