IMPLEMENTASI KINERJA APARATUR DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA LAPANDEWA MAKMUR KECAMATAN LAPANDEWA KABUPATEN BUTON SELATAN

Authors

  • Deki Pardana Universitas Muhammadiyah Buton
  • Ahmad Daholu Universitas Muhammadiyah Buton
  • Jordin Jordin Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Kinerja, Pelayanan, Aparat Desa

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi kinerja aparat desa dalam meningkatkan pelayanan publik di Desa Lapandewa Makmur Kecamatan Lapandewa Kabupaten Buton Selatan dan mengetahui faktor-faktor yang menghambat kinerja aparatur Desa Lapandewa Makmur. Metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Produktivitas,  dalam pemahaman dan keterampilan kinerja aparatur desa masih kurang. Kualitas Layanan, bahwa dengan persyaratan yang sudah lengkap maka pelayanan publik dapat selesai tepat waktu, kesopanan dan keramahan pegawai dalam memberikan pelayanan sudah cukup baik serta fasilitas sarana dan prasarana yang telah dimiliki oleh Desa Lapandewa Makmur selama proses pelayanan berlangsung sudah cukup memadai. Responsivitas, dalam menjalankan kegiatan pelayanan, aparat desa memiliki kendala tidak mempunyai waktu kerja bahkan jarang mendatangi kantor desa dan  memilih untuk dilakukan kegiatan lain. Responsibilitas, aparat desa sudah menjalankan tugasnya dalam memberikan pelayanan selama ini sudah baik. Akuntabilitas, sikap dan tanggung jawab aparat desa Lapandewa Makmur dalam menjalankan tugas-tugasnya sudah berjalan dengan baik

The aim of this research is to determine the implementation of the performance of village officials in improving public services in Lapandewa Makmur Village, Lapandewa District, South Buton Regency and to find out the factors that hinder the performance of Lapandewa Makmur Village officials. The method used in this research is descriptive qualitative. The results of this research are that productivity, understanding and performance skills of village officials, is still lacking. Service Quality, that with complete requirements, public services can be completed on time, the politeness and friendliness of employees in providing services is quite good and the facilities and infrastructure that Lapandewa Makmur Village has during the service process are quite adequate. Responsiveness, in carrying out service activities, village officials have the problem of not having time to work and rarely even visiting the village office and choosing to do other activities. Responsibility, village officials have carried out their duties in providing services so far, which has been good. The accountability, attitude and responsibility of Lapandewa Makmur village officials in carrying out their duties has gone well

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles