PENGARUH SUASANA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO PUTRI GROSIR SWALAYAN KOTA BAUBAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Putri Grosir Swalayan Kota Baubau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian pada toko putri grosir swalayan. Pengambilan sampel menggunakan rumus Cochran, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 96 responden. Metode analisis yang digunakan yakni analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang didapat dari suasana toko terhadap keputusan pembelian pada toko putri grosir swalayan Kota Buabau, bahwa nilai R Square dalam penelitian ini sebesar 0,800. Angka tersebut menunjukkan bahwa besaran 80,0% keputusan pembelian (variabel terikat) dapat dijelaskan oleh faktor suasana toko. Sisanya sebesar 20% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini (lokasi, Harga dan Kualitas). Selain itu berdasarkan nilai uji hipotesis pada nilai Thitung diperoleh 2.859 > t tabel 0,2006 artinya nilai sig 0,000 < 0,05 artinya signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa suasana toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko putri grosir swalayan Kota Baubau
This research aims to determine the influence of shop atmosphere on purchasing decisions at the Putri Wholesale Supermarket Shop in Baubau City. The type of research used is quantitative research. The population in this study were consumers who made purchases at the self-service wholesale Putri Store. Sampling used the Cochran formula, with the total sample in this study being 96 respondents. The analytical method used is simple linear regression analysis. Based on the results of research and analysis of data obtained from the shop atmosphere on purchasing decisions at the Buabau City self-service grocery store, the R Square value in this research is 0.800. This figure shows that 80.0% of purchasing decisions (dependent variable) can be explained by store atmosphere factors. The remaining 20% is influenced by other factors not examined in this research (location, price and quality). Apart from that, based on the hypothesis test value, the T value obtained is 2,859 > t table 0.2006, meaning the sig value is 0.000 < 0.05, meaning it is significant. So it can be concluded that the shop atmosphere has a positive and significant effect on purchasing decisions at the self-service wholesale princess shop in Baubau