ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LITERASI KEUANGAN MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh jenis kelamin, IPK dan pendapatan orang tua terhadap literasi keuangan mahasiswa aktif manajemen Universitas Muhammadiyah Buton. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif manajemen angkatan 2019. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 66 responden dengan metode pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Data kuesioner di uji dengan menggunakan SPSS versi 24. Teknik pengujian data menggunakan uji validitas dan reliabilitas , uji asumsi klasik dan uji regresi linear. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel jenis kelamin (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel literasi keuangan (Y). Hal tersebut dapat diketahui dengan melihat perolehan hasil uji t, dimana diperoleh nilai sig sebesar 0,054. Nilai sig yang lebih besar dari 0,05 (0,053 > 0,05). Dengan nilai t hitung sebesar 1.960 < t tabel 2,034. Jadi dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak, artinya jenis kelamin tidak berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel indeks prestasi kumulatif (IPK) (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel literasi keuangan (Y). Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel pendapatan orang tua (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel literasi keuangan (Y).
This research aims to determine and analyze whether or not there is an influence of gender, GPA and parental income on the financial literacy of active management students at Muhammadiyah University of Buton. This research uses primary data using a questionnaire distributed to students. The population in this study were active management students class of 2019. The number of samples determined was 66 respondents with a sampling method using the Slovin formula. Questionnaire data was tested using SPSS version 24. Data testing techniques used validity and reliability tests, classical assumption tests and linear regression tests. Based on the results of the t test, it shows that the gender variable (X1) has no significant effect on the financial literacy variable (Y). This can be seen by looking at the results of the t test, where a sig value of 0.054 was obtained. Sig value greater than 0.05 (0.053 > 0.05). With a calculated t value of 1.960 < t table 2.034. So it can be concluded that H0 is accepted and H1 is rejected, meaning that gender has no significant effect on financial literacy. Based on the results of the t test, it shows that the cumulative achievement index (GPA) variable (X2) has a significant effect on the financial literacy variable (Y). Based on the results of the t test, it shows that the parent income variable (X3) has a significant effect on the financial literacy variable (Y).