ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI RONGI PADA BUMDES LAMANDO JAYA DI DESA SANDANG PANGAN
Keywords:
Bauran Pemasaran, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kopi rongi pada bumdes lamando jaya di desa sandang pangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi pustaka, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa bagian dari bauran pemasaran yaitu produk, harga, distribusi dan promosi mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian kopi rongi pada BUMdes Lamando Jaya. Ini berarti kualitas produk pada kopi rongi berhasil menjadikannya sebagai pertimbangan seorang konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Hal ini terbukti bahwa nilai koefisien determinasi (R-square) yang digunakan untuk mengetahui persentase pengaruh variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) sebesar 0,40. Hal ini berarti variabel bauran pemasaran dapat menjelaskan 40%. Dan ini menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran yang baik, baik dari produk, harga, promosi, dan distribusi akan dapat meningkatkan keputusan pembelian.