Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Media Edukasi Kreatif untuk Anak-Anak di Lingkungan RA Ihya Al-Ulum
Keywords:
Media Edukasi Kreatif, Barang Bekas, PAUD, Kreativitas, Pembelajaran Ramah LingkunganAbstract
Pemanfaatan barang bekas sebagai media edukatif memiliki potensi besar dalam mendukung proses pembelajaran anak usia dini. Barang-barang yang biasanya dianggap limbah dapat diberdayakan kembali untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih kreatif, menyenangkan, sekaligus ramah lingkungan. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Profesi yang dilaksanakan di RA Ihya Al Ulum, kegiatan ini dirancang untuk memperkenalkan konsep pemanfaatan limbah rumah tangga sebagai media pembelajaran yang hemat biaya serta mendukung pendidikan berkelanjutan. Tujuan utama kegiatan ini adalah menyediakan alternatif media belajar yang menarik, mudah dijangkau, dan relevan dengan kebutuhan anak, sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan limbah. Program ini mengembangkan tiga jenis media edukatif, yaitu botol bekas untuk pengenalan warna, kaleng bekas untuk pengenalan huruf, dan karton bekas untuk pengenalan angka. Metode pelaksanaan tidak melibatkan anak-anak dalam proses pembuatan media, melainkan difokuskan pada pemanfaatan media tersebut dalam aktivitas bermain-belajar. Kegiatan dilakukan secara terstruktur dengan mengintegrasikan media ke dalam kegiatan belajar di kelas. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa media edukatif berbasis barang bekas mampu meningkatkan antusiasme dan keterlibatan anak. Anak-anak terlihat lebih fokus, aktif, dan menikmati kegiatan belajar, sehingga tercipta suasana pembelajaran yang interaktif, hemat biaya, dan ramah lingkungan.