Pelatihan Pengajaran Literasi untuk Meningkatkan Mutu Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Krisnawati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Farisatma Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nasria Universitas Muhammadiyah Buton
  • Indriani Universitas Muhammadiyah Buton
  • Dian Nita Aabal Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rumiati Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Pelatihan, Mutu Belajar, Literasi, Sekolah Dasar

Abstract

Pengajaran literasi yang efektif merupakan kunci untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan memahami teks. Tujuan dilakasanakan pelatihan pengajaran literasi yaitu a) untuk meningkatkan kemampuan guru baik kemampuan guru dalam mengajar literasi dan memahami kebutuhan siswa, b) meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan memahami teks, c) kemampuan berpikir kritis dan analitis serta meningkatkan mutu pendidikan dengan meningkatkan kemampuan literasi siswa. Permasalahan yang dijumpai di SD IT Rumah Anak Soleh Buton sehingga diadakan pelatihan pengajaran literesi yaitu rendahnya kemampuan literasi siswa, kurang efektifnya kemampuan guru dalam mengajar literasi serta keterbatasan waktu dan sumberdaya. Metode yang digunakan dalam kegitan pelatihan pengajaran literasi ini dengan pelatihan langsung kepada guru atau siswa tentang metode pengajaran literasi yang efektif dan demonstrasi metode pengajaran literasi yang efektif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan pembelajaran literasi dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar literasi dan meningkatkan kemampuan literasi siswa serta. Pengabdian pelatihan pengajaran literasi ini dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-26