Peran Persiapan dan Penguasaan Materi terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa Pengalaman Lapangan Persekolahan
Keywords:
Mutu Pendidikan, Literasi Siswa, Pelatihan Guru, Kolaborasi SekolahAbstract
Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan mutu pendidikan di wilayah pedesaan, khususnya di SMA Negeri 8 Konawe Selatan yang menghadapi tantangan terbatasnya akses terhadap sumber belajar dan pengembangan kompetensi guru maupun siswa. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pelatihan, pendampingan guru, serta pemberdayaan siswa dalam kegiatan literasi dan keagamaan. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi observasi awal, pelatihan interaktif kepada guru, workshop literasi siswa, serta evaluasi hasil kegiatan menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan partisipasi guru dalam perencanaan pembelajaran inovatif, meningkatnya minat baca siswa, serta tumbuhnya semangat kolaboratif antarwarga sekolah. Selain itu, kegiatan juga berdampak positif terhadap suasana pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil mendorong peningkatan kualitas pembelajaran dan budaya literasi di SMA Negeri 8 Konawe Selatan. Dukungan berkelanjutan serta keterlibatan aktif seluruh pihak sekolah menjadi faktor penting untuk menjaga dan mengembangkan hasil kegiatan secara berkelanjutan.