Peran Mahasiswa dalam Program Fisik: Mewujudkan Kreatifitas Kerja Lapangan
Keywords:
Peran Mahasiswa, Program Fisik, Kreatifitas Kerja LapanganAbstract
Kreativitas dalam kerja lapangan juga dapat meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa dan membangun soft skills yang penting. Ketika mahasiswa diberi kebebasan untuk mengeksplorasi ide-ide baru dalam proyek lapangan, mereka belajar untuk bekerja sama dalam tim, berkomunikasi secara efektif, dan mengelola risiko. Metode yang digunakan dalam program fisik Kuliah Kerja Nyata (KKN) meliputi observasi dan identifikasi masalah, partisipasi aktif serta kolaborasi, pelaksanaan kerja lapangan, serta evaluasi. Hasil kegiatan menunjukan bahwa Mahasiswa memiliki peran strategis dalam program fisik Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Boneoge, Kecamatan Lakudo, Kabupaten Buton Selatan, melalui tahapan observasi, partisipasi dan kolaborasi, pelaksanaan kerja lapangan, serta evaluasi. Observasi dilakukan untuk memahami kondisi dan kebutuhan desa, yang kemudian dikembangkan melalui partisipasi aktif dan kolaborasi dengan masyarakat serta pemerintah desa guna menciptakan solusi yang tepat. Pelaksanaan kerja lapangan menjadi bentuk nyata kreativitas mahasiswa dalam mewujudkan program fisik yang bermanfaat, seperti pembangunan infrastruktur atau pemberdayaan masyarakat. Setelah program berjalan, evaluasi dilakukan untuk mengukur efektivitas dan keberlanjutan hasil kerja, sehingga manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka panjang. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya berkontribusi pada pembangunan fisik desa tetapi juga pada peningkatan kapasitas masyarakat melalui pengalaman kerja lapangan yang aplikatif dan berkelanjutan.