Pembelajaran Dasar Baca Puisi Tahap II pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UM Buton

Authors

  • Muslim Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nadir La Djamudi Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nurlina Universitas Muhammadiyah Buton
  • Zidan Lariyos Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Pelatihan, Dasar Menulis, Membaca Puisi

Abstract

Kekhasan hakiki puisi, yang bergantung pada perpaduan disiplin-disiplin kreatif yang dikandungnya, membuatnya sulit diajarkan sebagai seni pertunjukan. Pembelajaran puisi secara alamiah bergerak ke ranah psikomotorik pertunjukan puisi, yang mencakup komponen kognitif dan emosional. Pertunjukan puisi memberikan pengajaran yang menyeluruh dan ketat dalam metode puisi. Baik metode ceramah maupun praktik digunakan dalam layanan ini. Penggunaan puisi disosialisasikan di Universitas Muhammadiyah Buton, khususnya bagi mahasiswa yang terdaftar dalam program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hal ini dilakukan karena sangat penting bagi mahasiswa untuk membaca esai-esai yang mencakup berbagai subjek dunia nyata. Tindakan ini melibatkan tiga belas anak muda. Sembilan siswa memperoleh skor kategori tinggi sebesar 50,04%, tiga siswa memperoleh skor kategori sedang sebesar 20,30%, dan Tiga mahasiswa memperoleh skor kategori rendah sebesar 7,69% berdasarkan temuan layanan. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja rata-rata peserta untuk tingkat pelatihan adalah 67,6, yang merupakan kinerja mereka secara keseluruhan. Hal ini sangat baik. Dasar artikulasi, apresiasi, intonasi, dan apresiasi merupakan hal lain yang perlu diperhatikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-27